Gencarkan Sosialisasi, Satpol PP Padang Libatkan Orangtua Cegah Tawuran

Gencarkan Sosialisasi, Satpol PP Padang Libatkan Orangtua Cegah Tawuran

Puluhan remaja diamankan, diduga lakukan tawuran. (Foto: Dok. Pol PP Padang)

Langgam.id – Upaya pencegahan aksi tawuran di Kota Padang terus digalakkan. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah sosialisasi kepada orang tua murid. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang menggelar sosialisasi di SMPN 6 Padang, Kecamatan Lubuk Begalung.

Kasat Pol PP Padang, Chandra Eka Putra, mengungkapkan bahwa melibatkan orang tua murid dalam upaya pencegahan tawuran sangat penting.

"Orang tua memiliki peran krusial dalam membentuk karakter anak. Dengan memberikan pemahaman tentang bahaya tawuran, diharapkan orang tua dapat lebih aktif mengawasi dan membimbing anak-anaknya," ujar Chandra dikutip Minggu (22/9/2024).

Dalam sosialisasi tersebut, para orang tua diberikan pemahaman mengenai dampak negatif dari tawuran, baik bagi pelaku maupun korban. Selain itu, mereka juga diinformasikan tentang sanksi yang akan diberikan kepada pelajar yang terlibat dalam aksi tawuran, seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Walikota Padang.

Kepala Seksi Bina Potensi Satlinmas Pol PP, Suwondo, yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, menekankan pentingnya peran sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak.

"Tawuran tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga keluarga dan masyarakat. Mari kita bersama-sama mencegah terjadinya aksi kekerasan di kalangan pelajar," tegas Suwondo.

Pihak SMPN 6 Padang menyambut baik inisiatif Satpol PP dalam menggelar sosialisasi ini.

"Kami sangat mengapresiasi upaya Satpol PP dalam mencegah tawuran. Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam mengedukasi orang tua murid," kata Kepala SMPN 6 Padang.

Selain menggelar sosialisasi, Satpol PP Padang juga melakukan berbagai upaya lain untuk mencegah tawuran, seperti melakukan patroli rutin di daerah-daerah yang rawan terjadinya tawuran.

Kemudian, Membangun kerjasama dengan sekolah-sekolah untuk mengadakan kegiatan positif bagi siswa, dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang bahaya tawuran.

Diharapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan, aksi tawuran di Kota Padang dapat diminimalisir. Semua pihak, baik pemerintah, sekolah, orang tua, maupun masyarakat, harus bahu-membahu dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi generasi muda. (*/Fs)

Baca Juga

Sejumlah personel Satpol PP Padang berhasil meraih medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar di Aceh dan Sumatra Utara
Pemko Padang Upayakan Personel Satpol PP Peraih Medali PON Diberikan Bonus
Satpol PP Padang Kembali Tertibkan PKL di Kawasan Cimpago
Satpol PP Padang Kembali Tertibkan PKL di Kawasan Cimpago
Razia Hotel dan Kosan, Satpol PP Padang Amankan Sejumlah Pria dan Wanita
Razia Hotel dan Kosan, Satpol PP Padang Amankan Sejumlah Pria dan Wanita
Satpol PP Padang menertibkan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang ditinggalkan pemiliknya di atas trotoar di depan SPBU Jalan Veteran,
Ditinggal Pemilik, Lapak PKL di Jalan Veteran Ditertibkan Satpol PP Padang
Satpol PP Padang menertibkan PKL yang berjualan di badan jalan di Jalan Bundo Kanduang, Kecamatan Padang Barat, tepatnya di depan SMKN 9,
Satpol PP Tertibkan PKL yang Berjualan di Jalur Pemberhentian Trans Padang Depan SMKN 9
Satpol PP Padang kembali mengamankan sejumlah pelajar yang asyik nongkrong saat jam belajar pada Rabu. Kali ini ada delapan pelajar
Lagi Asyik Nongkrong, Sejumlah Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP