Sepanjang Januari-Agustus 2024, KAI Divre II Sumbar Layani 1,2 Juta Penumpang

Sepanjang Januari hingga Agustus 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatra Barat sudah melayani sebanyak 1.201.252 penumpang.

Ilustrasi penumpang kereta api di Sumbar. (Foto: IG @pemprov.sumbar)

Langgam.id - Sepanjang Januari hingga Agustus 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatra Barat sudah melayani sebanyak 1.201.252 penumpang.

Rinciannya, 931.106 penumpang menggunakan KA Pariaman Ekspres dengan rute Pauhlima/Padang – Naras PP, 192.158 penumpang menggunakan KA Minangkabau Ekspres dengan rute Bandara Internasional Minangkabau – Pulau Air PP.

"Kemudian, 77.988 penumpang menggunakan KA Lembah Anai dengan rute Bandara Internasional Minangkabau – Kayu Tanam PP," ujar Kahumas KAI Divre II Sumbar, As’ad Habibuddin dilansir dari infopublik.id, Rabu (18/9/2024).

As'ad mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen terus menghadirkan moda transportasi ini sebagai solusi terbaik bagi transportasi di Indonesia.

"Konektivitas antar moda transportasi mempermudah penumpang untuk melanjutkan perjalanan dari kereta api ke pesawat atau moda transportasi darat lainnya, berkat fasilitas terintegrasi yang disediakan oleh KAI," ucapnya.

"Hal ini merupakan bagian dari dukungan KAI terhadap program pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antar wilayah," sambungnya.

Ia menyebutkan bahwa Layanan KA Minangkabau Ekspres dan KA Lembah Anai yang terhubung ke bandara menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin menghindari kemacetan dan memastikan ketepatan waktu tiba di bandara.

Beberapa stasiun kereta, terang As'ad, juga memiliki akses dekat dengan pusat pemberhentian bus antar kota.

Seperti Stasiun Air Tawar yang terhubung dengan bus menuju Bukittinggi, Padang Panjang, dan kota lainnya. Ini memudahkan penumpang kereta api dalam mengakses moda transportasi darat tambahan.

Dengan terwujudnya integrasi ini, kata As'ad, diharapkan mobilitas masyarakat semakin lancar dan waktu perjalanan dapat dipangkas secara signifikan.

"Peningkatan jumlah penumpang ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang nyaman dan terjangkau,” tutur As’ad (*/yki).

Baca Juga

BPS Sumbar mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari BIM pada Juli 2024 mengalami peningkatan
BPS: Jumlah Penumpang Angkutan Udara yang Berangkat dan Datang dari BIM di Juli 2024 Naik
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Juli 2024
BIM Catat Tren Positif pada Semester I 2024, Pergerakan Pesawat dan Penumpang Naik
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM)
BIM Layani 2,4 Juta Penumpang Selama 2023, Naik 27 Persen
Pemerintah Tutup Ratusan Pelintasan Jalur Kereta di Sumbar
Pemerintah Tutup Ratusan Pelintasan Jalur Kereta di Sumbar
15 Kecelakaan di Pelintasan Kereta Selama 2022, PT KAI Sumbar Kampanyekan Keselamatan
15 Kecelakaan di Pelintasan Kereta Selama 2022, PT KAI Sumbar Kampanyekan Keselamatan
Sepanjang Januari hingga Agustus 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatra Barat sudah melayani sebanyak 1.201.252 penumpang.
Penumpang Kereta Api di Sumbar Naik 3 Kali Lipat Selama Libur Lebaran