Saat Ini Hujan Lebat di Area Gunung Marapi, Masyarakat Diminta Waspadai DAS Berhulu di Marapi

Langgam.id - Hujan lebat mengguyur area atau kawasan sekitar Gunung Marapi saat ini, Jumat (14/6/2024), sekira pukul 19.30 WIB.

Secara meteorologi, cuaca hujan disertai angin bertiup lemah ke arah Tenggara. Suhu udara 21.8-27.4 °C, kelembaban udara 57.9-88.1 %, dan tekanan udara 680.1-681.8 mmHg. Volume curah hujan 16.66 mm per hari.

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi di Bukittinggi menjelaskan, saat ini sedang turun hujan lebat di Bukittinggi dan terekam juga hujan di stasiun Sungai Jambu dan Pasir Laweh. Oleh sebab itu, PGA Marapi minta masyarakat menjauhi aliran sungai yang berhulu dari Marapi.

"Mohon berhati-hati bagi masyarakat yang beraktivitas di daerah aliran sungai yang berhulu dari gunungapi Marapi. Saat ini sedang turun hujan lebat di Bukittinggi dan terekam juga hujan di stasiun Sungai Jambu dan Pasir Laweh, masyarakat agar menjauhi aliran sungai," terang petugas PGA Marapi dalam grup WhatsApp Marapi Information.

Hingga berita ini diturunkan, kawasan Marapi dan sekitarnya masih dilanda hujan. Hujan ini juga merata di kawasan Sumatra Barat, seperti halnya yang terjadi di Kota Padang. (*/Yh)

Baca Juga

BPBD Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar), meralat jumlah korban tertimbun longsoran di lokasi tambang emas ilegal adalah 22 orang
BPBD Solok Ralat Data Korban Longsor Tambang Emas Ilegal: Total 22 Orang, Meninggal 11
Badan Pangatur Jalan Tol (BPJT) PUPR membagikan informasi terkait perkembangan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin.
Progres Baru 76,91 Persen, 2 Gubernur Gagal Selesaikan Tol Padang-Sicincin
11 Orang Tewas di Tambang Emas Diduga Ilegal di Solok
11 Orang Tewas di Tambang Emas Diduga Ilegal di Solok
Bawaslu Padang Temukan Dugaan Kampanye di Masjid
Bawaslu Padang Temukan Dugaan Kampanye di Masjid
Plt Gubernur Sumbar Audy: Dengan Kebijakan Tepat, Kita Bisa Turunkan Lagi Angka Kemiskinan
Plt Gubernur Sumbar Audy: Dengan Kebijakan Tepat, Kita Bisa Turunkan Lagi Angka Kemiskinan
Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI) mengungkapkan hasil ekshumasi jenazah Afif Maulana pada Rabu (25/9/2024)
LBH Padang Minta PDFMI dan Polisi Berikan Hasil Lengkap Laporan Ekshumasi Afif Maulana