PKM dan PTI se-Asia Resmi Dibuka, Dihadiri Langsung Rektor UIN IB Padang

Pemukaan PKM dan PTI se-Asia di Jambi. [Dok. UIN IB Padang]

Pemukaan PKM dan PTI se-Asia di Jambi. [Dok. UIN IB Padang]

Langgam.id - Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan bangga membuka acara bergengsi, yakni Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III dan Pertemuan Teknologi Informasi (PTI) Se-Asia Tenggara. Acara yang digelar di kampus universitas yang terletak di Jambi ini menarik perhatian para akademisi, dan profesional dari berbagai negara di wilayah Asia Tenggara, Senin (24/7/2023).

Kegiatan bertema Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia.

Dalam laporannya, wakil rektor 3 UIN Jambi, Bahrul Ulum mengatakan, PKM III kali ini melibatkan 22 PTKIN dari Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Ajang lomba ini, kata Bahrul, digelar secara hybrid, baik daring maupun luring, dengan total 33 cabang lomba yang terdiri dari bidang ilmiah, seni, dan olahraga, diikuti oleh 1530 peserta.

Babak penyisihan untuk cabang lomba ilmiah dan seni telah dimulai secara virtual pada Mei 2023. Sementara perlombaan lainnya akan berlangsung dari 26 hingga 29 Juli 2023 di lima venue yang berbeda, termasuk Kampus I dan Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, GOR Kotabaru Jambi, Natasha Badminton Hall Simpang Rimbo, dan Danau Sipin Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Su'aidi menyampaikan kebanggaannya atas kehadiran para peserta dari berbagai negara di Asia Tenggara.

"Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif dari para cendekiawan, akademisi, di acara ini. Semoga melalui PKM III dan PTI Se-Asia Tenggara ini, terjalin kerjasama yang erat antara institusi dan negara-negara di kawasan kita,” Su'aidi.

Di sisi lain, sambutan Kasubdit Kemahasiswaan dan Sarpras Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik indonesia sekaligus membuka acara secara resmi Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan megucapkan selamat dan sukses serta mengapresiasi kegiatan PKM III dan PTI Se-Asia Tenggara.

Sementara itu, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati ikut mendukung dan memberikan semangat kepada kontingen UIN Imam Bonjol Padang yang akan berlomba.

Baca juga: Ikuti PKM dan PTI se-ASIA di Jambi, UIN IB Padang Kirim Delegasi Terbaik

"Semoga acara ini dapat menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang yang akan menjadi aset bangsa serta ide-ide brilian dan solusi inovatif yang dapat mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi di seluruh Asia Tenggara," kata Martin.

Diketahui, UIN Imam Bonjol Padang mengikuti 5 cabang lomba yang telah masuk final, 8 cabang bidang seni dan 7 cabang bidang olahraga pada babak penyisihan. (*/adv)

Baca Juga

Satgas PPKS UIN Imam Bonjol Padang sudah menerima sejumlah laporan dari mahasiswi korban pelecehan seksual oleh oknum dosen.
UIN IB Padang Segera Tindaklanjuti Kasus Mahasiswi Diduga Dilecehkan Oknum Dosen
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB) akan menurunkan 2.027 orang mahasiswa untuk mengikuti proses Kuliah Kerja Nyata (KKN)
2.027 Mahasiswa UIN IB Padang Akan Ikuti KKN ke-50 Tahun 2024
Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Bagi banyak jemaah, haji merupakan mimpi
Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-116
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati bersama tim mitigasi bencana universitas, dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian
UIN Imam Bonjol Padang dan Kemenag RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Sumbar
Tujuh orang dosen muda di UIN Imam Bonjol Padang menerima sertifikat Sertifikasi Dosen (Serdos). Sertifikat Serdos itu diserahkan oleh.
7 Dosen Muda UIN Imam Bonjol Padang Terima Sertifikat Serdos