Dishub dan Satlantas Polres Pasbar Bakal Razia Kendaraan ODOL Setiap Hari

Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Razia kendaraan ODOL di Pasbar bakal dilaksanakan setiap hari.

Razia kendaraan ODOL di Pasaman Barat. (Foto: Dok. Diskominfo Pasbar)

Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Razia kendaraan ODOL di Pasbar bakal dilaksanakan setiap hari di lokasi-lokasi yang dinilai rawan pelanggaran.

Langgam.id - Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisan Resor (Polres) Pasaman Barat (Pasbar) bakal merazia kendaraan atau angkutan Over Dimension dan Over Load (ODOL) setiap hari.

Plt. Kepala Dinas Pehubungan (Kadishub) Pasbar, Bakaruddin mengatakan, bahwa razia kendaraan atau angkutan ODOL akan dilaksanakan setiap hari di Pasbar.

Razia itu, kata Bakaruddin, menyasar lokasi-lokasi yang dinilai rawan terjadinya pelanggaran.

Dijelaskan Bakaruddin, selain muatan dan dimensi kendaraan, pemeriksaan juga dilakukan mengukur panjang, lebar dan tinggi kendaraan.

Lalu, dari hasil pemeriksaan dimensi kendaraan, petugas akan memberi peringatan kepada pengendara dengan menandai body kendaraan dengan cat, karena ukuran kendaraan tidak sesuai standar.

"Kendaraan yang melebihi tonase akan ditilang termasuk over dimensi. Untuk over dimensi, kita juga tandai dengan cat, pemilik diminta untuk memotong agar ukurannya sesuai dengan standar atau aslinya," ungkap Bakaruddin.

Selain razia kendaraan ODOL, Bakaruddin juga mengimbau agar para pengendara angkutan, baik angkutan barang dan angkutan bus serta angkutan lainnya untuk wajib KIR.

"Pastikan angkutan tidak sampai over load dan kendaraan tidak over dimensi, untuk keselamatan pengemudi, penumpang, dan keselamatan pengendara lain," jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Pasbar, Yuliadi mengatakan, razia kendaraan ODOL ini merupakan suatu aksi keprihatinan terhadap banyaknya pelanggaran muatan dan dimensi angkutan, yang mengakibatkan sering terjadi kecelakaan dan merusak jalan, serta mengganggu arus lalu lintas.

"Penertiban terhadap kendaraan yang melebihi tonase juga dalam rangka memelihara jalan yang sudah dibuat oleh pemerintah," ujarnya.

Menurut Yuliadi, kenderaan yang ditertibkan merupakan kendaraan angkutan barang yang mengubah dan menambah panjang chasis, sehinga menyalahi aturan, dan melebihi muatan.

Kendaraan itu, lanjut Yuliadi, akan ditilang, dan didata oleh petugas Dishub.

"Truk yang melebihi muatan atau over load ini dikawatirkan akan membahayakan banyak pihak, baik pengendara maupun pengguna jalan lain. Selain memicu mudah terjadinya kecelakaan, truk over load ini juga menyebabkan jalan cepat rusak," katanya.

Dalam razia ODOL, tambah Yuliadi, banyak ditemukan pelanggaran, seperti surat kendaraan dan KIR yang sudah mati, kendaraan yang tidak memiliki surat, hingga surat kendaraan yang dipalsukan sampai kendaraan yang tidak layak operasi.

Baca juga: Sel Napi yang Diduga Kendali 55 Kilogram Ganja di Pasaman Barat Diasingkan

Sehingga, petugas memberikan sanksi kepada pengendara seperti surat tilang dan teguran.

Dapatkan update berita Pasaman Barat – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat
Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mendatangi warga pendemo dari Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, di Masjid Raya Sumatra Barat,
Didatangi Wabup Pasbar, Warga Air Bangis Menolak Pulang Sebelum Ada Solusi