Minta Dirikan Kantor BNNK di Tanah Datar, Eka Putra: Kami Sudah Siapkan Lahannya

Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pemkab Tanah Datar juga sudah siapkan lahan untuk kantor BNNK itu.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra saat berkunjung ke kantir BNN RI. (Foto: Dok. Humas Pemkab Tanah Datar)

Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Eka menyebutkan, Pemkab Tanah Datar juga sudah siapkan lahan untuk kantor BNNK itu.

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar meminta agar Badan Narkotika Nasional (BNN) mendirikan kantor cabang atau perwakilan di Luhak Nan Duo.

Permintaan itu disampaikan langsung Bupati Tanah Datar, Eka Putra ke BNN RI.

Menurut Eka, semakin maraknya peredaran narkoba di Tanah Datar, sudah sewajarnya ada kantor BNNK di daerah itu.

"Saat ini di Tanah Datar tingkat penyalahgunaan narkoba sangat tinggi, dan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebarannya kami rasa perlu di bentuk BNNK di Tanah Datar," ujar Eka melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/1/2022).

Sebagai bukti komitmen dan keseriusan, kata Eka, Pemkab Tanah Datar juga telah menyiapkan lahan seluas 1.500 meter untuk pembangunan kantor BNNK yang berlokasi di sekitar kompleks perkantoran di Pagaruyung.

"Intinya, komitmen kami sudah jelas, dan upaya kami untuk merealisasikannya sangat tinggi. Selama ini, kami sudah upayakan pencegahan, walau tanpa BNN kami tetap berkoordinasi dengan instansi terkait yang ada di Tanah Datar," tegas Eka.

Menanggpai permintaan itu, Direktur Advokasi BNN RI, Brigjen Pol Jafriedi mengatakan, bahwa kedatangan Bupati Tanah Datar bersama rombongan sudah cukup dijadikan sebagai bukti keseriusan.

"Kami sangat merespon positif komitmen Pemda Tanah Datar dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, kami akan dukung sepenuhnya upaya ini," ujar Jafriedi.

Upaya memberantas narkoba, kata Jafriedi, sudah seharusnya ada pembagian tugas. Sehingga, beberapa target desa atau nagari bersinar (bersih dari narkoba) bisa tercapai.

Jafriedi juga menjelaskan, beberapa faktor penyebab penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi di masyarakat, di antaranya ada faktor keluarga, lingkungan serta teman sebaya.

Baca juga: Eka Putra Minta Bantu DPR RI Bangun Tanah Datar

"Ketiga faktor ini saling berkaitan, salah satu tidak boleh ada, agar daerah kita benar-benar bebas dari narkoba. Saya tahu, Pak Bupati datang dengan niat untuk mendirikan BNNK di Tanah Datar, saya sangat mendukung, dan saya akan upayakan semaksimal mungkin," katanya.

Dapatkan update berita Tanah Datar – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Film Start Up Never Give Up Segera Tayang di Bioskop, Ricky Yanuarfi: Mantan Pecandu Berpeluang Sukses
Satresnarkoba Polres Dharmasraya berhasil meringkus seorang pengedar narkotika jenis sabu berinisial HP (41) pada Rabu (3/4/2024) sekitar
Edarkan Sabu, Seorang Warga Dharmasraya Ditangkap Polisi
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Mengenal Kepala BNNP Sumbar Ricky Yanuarfi, Jenderal asal Bukittinggi hingga Alumni UIN Imam Bonjol
Polres Limapuluh Kota melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis daun ganja kering pada Jumat (19/1/2024). Kegiatan ini dilaksanakan
Polres Limapuluh Kota Musnahkan Ganja 10 Kg Hasil Penangkapan Awal 2024
Komplotan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kampus UNP berhasil ditangkap Tim Aligator Polsek Padang Utara.
Tak Kapok, Residivis Kasus Narkoba di Payakumbuh Kembali Ditangkap