75 Personel Polairud Amankan Pemilu di Mentawai

75 Personel Polairud Amankan Pemilu di Mentawai

Selat Sikakap, salah satu perairan di Kabupaten Kepulauan Mentawai (FZ/ Langgam.id)

Langgam.id - Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpoairud) siapkan 75 personel untuk pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Direktur Polairud Polda Sumatera Barat, AKBP Soelistijono mengatakan, pengamanan sesuai dengan arahan Kapolda Sumbar. "Jadi, ada 75 personel di Bawah Kendali Operasi (BKO) mengamankan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam Pemilu 2019," ujarnya, Kamis (28/03/2019).

Menurutnya, tindak pelanggaran pemilu di perairan tidak akan jauh beda dengan di darat. "Hingga saat ini, belum ada tindak pelangaran pemilu yang kami temukan," jelasnya.

Pemantauan saat ini, kemungkinan adanya kecelakaan dalam pergerakan masyarakat antar pulau. "Ini masa kampanye, yang perlu kita perhatikan, pergerakan masyarakat dari pulau ke pulau, itu saja yang perlu kita antisipasi, berkemungkinan terjadi kecelakaan," ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Soelistijono, hingga saat ini, tidak kriminal dan pelanggaran hukum di perairan Sumatera Barat, tidak terlalu mengkhawatirkan.

"Pelanggaran , biasanya penggunaan alat tangkap ikan trol dan bom oleh masyarakat," ucapnya.

Namun, saat ini, menurut Soelistijono, lebih difokuskan penagamanan pemilu. "Fokus menghadapi pemilu, jadi nanti setelah pemilu kita akan kembali menertibkan alat tangkap ikan tersebut," ujarnya. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Solok Kota pada Kamis (18/7). Sertijab ini
Jabatan Kapolres Solok Kota Berganti, Kini Dijabat AKBP Abdus Syukur Felani
Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha