600 KK Warga Minang Terdampak Bencana Banjir di Bengkulu

600 KK Warga Minang Terdampak Bencana Banjir di Bengkulu

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyerahkan bantuan randang kepada Ketua DPW IKM Bengkulu Bujang HR (Humas Pemprov Sumbar)

Langggam.id - Sebanyak 600 Kepala Keluarga (KK) warga Minang dilaporkan menjadi korban bencana banjir dan longsor yang menghatam Provinsi Bengkulu beberapa hari lalu.

Angka tersebut merupakan data sementara yang dikumpulkan oleh Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Bengkulu. "Paling banyak di Kota Bengkulu. Ada juga yang tersebar di 8 kabupaten lainnya," kata Wakil Ketua DPW IKM Bengkulu Delta Madya Sutan Pangeran, di Kota Bengkulu, Sabtu (4/5/2019).

Menurut Delta, IKM Bengkulu tidak tinggal diam saat bencana banjir dan longsor melanda. Di hari pertama, IKW Bengkulu membantu korban dengan nasi bungkus, penyediaan air bersih. Lalu, makanan instan siap saji dengan pakaian layak pakai.

"Setelah ini, kami akan data mendata bantuan bedah rumah. Dengan catatan, bantuan itu untuk yang benar-benar butuh," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan, selain untuk korban banjir Bengkulu mayoritas, Pemprov Sumbar juga memberikan bantuan randang kepad keluarga Minang yang menjadi korban banjir di Bengkulu.

Sedikitnya, 100 kilogram randang diserahkan Nasrul Abit kepada Ketua DPW IKM Bengkulu Bujang HR untuk diserahkan kepada warga Minang yang menjadi korban.

"Bantuan ini salah satu wujud kepedulian kami dari kampung untuk dunsanak-dunsanak yang terdampak bencana di Bengkulu" kata Nasrul Abit.

Wakil Gubernur Sumbar juga mendoakan agar urang awak dan warga Bengkulu pada umumnya sabar dalam menghadapi cobaan bencana alam. "Kami atas nama masyarakat Sumbar dan Pemprov turut berduka atas bencana ini," ungkapnya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Festival Marandang Meriahkan Rangkaian Festival Muaro Padang
Festival Marandang Meriahkan Rangkaian Festival Muaro Padang
Aroma Nasi Kapau Autentik Menguar di Jakarta Selatan
Aroma Nasi Kapau Autentik Menguar di Jakarta Selatan
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Langgam.id - Pemprov Sumbar menargetkan 1,5 sampai dua ton Randang untuk korban terdampak gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.
Rencana Dikirim Besok, Pemprov Sumbar Targetkan 2 Ton Randang untuk Cianjur
Langgam.id - Presiden Joko Widodo menyapa dan bercanda dengan Wali Kota Padang, Hendri Septa di Jakarta Convention Center (JCC).
Sapa Hendri Septa Usai Rapat Pengendalian Inflasi, Jokowi: Apa Kabanya Padang? Apa Ada Randang?
Langgam.id - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Nevi Zuairina mengunjungi Pusat Sentra Randang Payakumbuh, Selasa (2/3/2022).
Nevi Zuairina Coba Mengaduk Randang di Sentra IKM Randang Payakumbuh