5 Keunikan Ngalau Indah Pangian, Gua Terindah di Asia Tenggara

NGALAU PANGIAN, GUA TERINDAH DI ASIA TENGGARA

Ngalau Pangian, salah satu gua terindah di Asia Tenggara (Foto: Dok. Dinas Pariwisata Sumbar)

Langgam.idNgalau Indah Pangian merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar).

Hingga saat ini, objek wisata itu masih tergolong asri dan alami. Hijaunya hutan di sekitar lokasi menambah kesejukan saat kita berkunjung ke daerah tersebut, seperti dikutip dari website resmi milik Dinas Pariwisata Sumbar.

Untuk mencapai lokasi, kita dapat menempuh rute Batusangkar, lalu ke Litau Buo dan lanjut ke Gua Ngalau Pangian, dengan perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Saat sampai di Lintau Buo, kita bisa menanyakan ke masyarakat setempat, arah menuju ke objek wisata tersebut.

Umumnya, masyarakat Lintau Buo sudah mengetahui keberadaan gua itu dan sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi.

Berikut lima keunikan Ngalau Indah Pangian:
1. Gua Terindah di Asia Tenggara

Ternyata Kabupaten Tanah Datar, tak hanya memiliki Desa Terindah, yaitu Pariangan yang terletak di Nagari Pariangan dan dapat ditempuh sekitar tiga jam dari Padang, Ibu Kota Provinsi Sumatra Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar.

Desa itu secara administratif di bawah Kecamatan Pariangan dan dihuni sekitar 6.479 jiwa. Posisi Pariangan berada di bawah lereng Gunung Marapi, sebuah gunung api aktif berketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan air laut, menjadikan udara di nagari cukup sejuk.

Tapi, Kabupaten Tanah Datar juga memiliki Gua Terindah di Asia Tenggara, yaitu Gua Pangian.

Menurut L. Deharveng A. Bedos seorang penelusur gua asal Prancis menyebutkan bahwa Ngalau Indah Pangian merupakan gua terindah di Asia Tenggara (1995).

2. Jalur Panjat Tebing

Selain pernah dinobatkan sebagai gua terindah, ternyata Gua Pangian juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya jalur panjat tebing.

Di ngalau ini terdapat jalur panjat tebing yang tidak terlalu panjang, namun cukup untuk menantang adrenalin.

Tingkat kesulitan jalurnya juga beragam, mulai dari grid 5.7 sampai 5.10 dengan kemiringan sekitar 180 derajat hingga lebih dari 180 derajat.

3. Sarang Burung Walet

Keasrian Ngalau Pangian tidak hanya terlihat dari hijaunya hutan di sekelilingnya. Namun, aliran air sungai dari mulut gua yang jernih serta adanya Burung Walet yang keluar masuk dari mulut gua juga menandakan bahwa gua tersebut masih dalam keadaan alami dan asri.

Dari mulut gua akan terlihat mengalir anak sungai dengan air yang sangat bersih dan segar.

4. Pemandian Air Panas

Yang tak kalah serunya, ternyata di dalam Gua Pangian juga terdapat air panas yang berasal dari mata air rangakaian gunung seribu.

Dari bagian mulut gua ini, sudah dialiri oleh anak sungai yang memiliki air jernih dan sangat segar, yang berasal dari pegunungan.

Jika anda masuk lagi kedalam gua, anda akan menemukan mata air panas yang bisa digunakan sebagai lokasi pemandian. Sangat menarik bukan? Di dalam sebuah gua memiliki tempat pemandian air panas.

Lalu, di dalam gua juga terdapat ornamen-ornamen gua yang sangat memukau, mulai dari stalaktit, stalakmit, colom, dan lain-lain.

5. Area Parkir Sangat Luas

Areal parkir kendaraan tersedia cukup luas. Para pengunjung yang datang mengendarai kendaraan pribadi atau bus carteran, bisa saja dengan leluasa berputar pada lokasi yang telah dipersiapkan.

Penasarankan dengan keindahan Gua Pangian kan? Yuk manfaatkan akhir pekan ini untuk menikmati indahnya alam di Nagari Minangkabau. Jika ke lokasi, jangan sampai merusak keindahan alam ya, tak perlu lakukan vandalisme dan lainnya yang mengakibat kerusakan, cukup selfi atau swafoto dengan ponsel masing-masing saja ya. Selamat berakir pekan. (*/ZE)

Baca Juga

Kabupaten Tanah Datar akan mendapatkan alokasi sebanyak 40 sabo dam dari 56 sabo dam yang bakal dibangun pemerintah pusat di Sumbar
3 Aliran Sungai di Tanah Datar Bakal Dibangun Sabo Dam pada September 2024
PSU DPD RI, Partisipasi Pemilih di Tanah Datar Hanya Sekitar 30 Persen
PSU DPD RI, Partisipasi Pemilih di Tanah Datar Hanya Sekitar 30 Persen
Pewaris Kerajaan Pagaruyung Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Tanah Datar
Pewaris Kerajaan Pagaruyung Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Tanah Datar
Setelah 25 Tahun, Jorong Kampung Baru Tanah Datar Akhirnya Miliki Bidan Desa
Setelah 25 Tahun, Jorong Kampung Baru Tanah Datar Akhirnya Miliki Bidan Desa
Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Tanah Datar Serahkan Ambulans untuk Nagari Pangian
Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Tanah Datar Serahkan Ambulans untuk Nagari Pangian
Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Biaya Pendidikan untuk 258 Calon Mahasiswa
Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Biaya Pendidikan untuk 258 Calon Mahasiswa