3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah KONI Padang

Terjaring OTT, Tiga Oknum Pegawai Pemkab Pesisir Selatan Berstatus Tersangka

Ilustrasi penangkapan. (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Tiga orang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang terkait kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Padang anggaran 2018-2020. Hingga Jumat (31/12/2021), ketiga tersangka belum ditahan karena dinilai kooperatif selama proses penyelidikan.

Para tersangka, yakni AS selaku Ketua Umum KONI Padang periode 2015-2019 dan periode 2019-2023. Selanjutnya, DS selaku Wakil Ketua 1 KONI Padang dan NZ yang merupakan Wakil Bendahara 1 KONI Padang periode yang sama.

Kepala Kejari Padang Ranu Subroto mengatakan, penetapan ketiga tersangka setelah alat bukti terpenuhi. Mereka juga telah dipanggil dan diperiksa sebagai tersangka.

"Namun tidak langsung ditahan, karena dinilai kooperatif dan pertimbangan objektif lainnya," kata Ranu kepada wartawan, Jumat.

Kasi Pidana Khusus Kejari Padang Therry Gutama menyebutkan, pihaknya bakal segera merampungkan pemberkasan. "Hal ini agar bisa segera naik ke tahap penuntutan," kata Therry.

Status penyelidikan kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Padang tahun anggaran 2018-2020 ini naik ke tingkat penyidikan pada 21 Oktober 2021 lalu. Pada tahap penyidikan, Kejari Padang telah memeriksa sebanyak 60 orang saksi.

Saksi yang diperiksa mulai dari pengurus cabang olahraga, pengurus KONI Padang, hingga Pemko Padang selaku pemberi hibah. Tidak cukup sampai di sana, kesaksian pihak ketiga selaku sponsorship juga dimintai penyidik Kejari Padang.

Ketiga tersangka dijerat Pasal 2, Pasal 3, dan Pasal 9 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 KUHP. (*)

Baca Juga

Disebut dalam Dugaan Korupsi KONI Padang, Mahyeldi: Kata Orang Media Saja
Disebut dalam Dugaan Korupsi KONI Padang, Mahyeldi: Kata Orang Media Saja
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Padang. Dana hibah itu disinyalir untuk PSP.
Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Padang: untuk Kegiatan PSP, Proposal Ada Nama Wali Kota
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Mantan Ketum KONI Sumbar Agus Suardi diperiksa di Kejaksaan Negeri (Kejari)
Soal Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Padang, Agus Suardi: Saya Menjalankannya Sesuai Perintah
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Mantan Ketum KONI Sumbar, Agus Suardi diperiksa Kejari Padang hari ini.
Eks Ketum KONI Sumbar Diperiksa Hari Ini Soal Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Padang
Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Padang, Kuasa Hukum Pertanyakan Penetapan Tersangka
Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Padang, Kuasa Hukum Pertanyakan Penetapan Tersangka
PSKSH UNAND Gelar FGD Bahas Rancangan Undang-undang Kelautan
PSKSH UNAND Gelar FGD Bahas Rancangan Undang-undang Kelautan