3 Kelurahan di Padang Jadi Percontohan Anti Narkoba

Suami Istri dan Calon Menantu di Payakumbuh Kompak Edarkan Sabu

Ilustrasi paket sabu.

Langgam.id-- Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, Pemko Padang telah menunjuk tiga Kelurahan sebagai percontohan di Kota Padang.

Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, tiga kelurahan tersebut diantaranya yaitu Kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan, Kelurahan Batu Gadang Kecamatan lubuk Kilangan, Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh.

"Desa atau kelurahan yang berada di wilayah penyangga kota, pesisir pantai hingga yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba," katanya, dikutip Selasa (28/11/2023).

Ekos Albar saat membuka acara Penyuluhan Anti Narkoba, Padang, Senin, (27/11/2023) menuturkan tiga kelurahan itu telah dilakukan pembinaan oleh Pemko Padang bekerjasama dengan PT Semen Padang.

"Kita berharap bisa memberantas setidaknya mengurangi peredaran narkoba di kelurahan tersebut. Kemudia pada tahun-tahun selanjutnya kita akan menambah bahkan kita jadikan seluruh kelurahan Kota Padang sebagai kelurahan yang bersih narkoba," katanya.

Hasil penelitian yang dilakukan BNN pada 2019, diketahui bahwa angka prevalensi penyalahgunaan narkoba 1,8 persen atau setara dengan 3.419.188 jiwa untuk kategori setahun pakai.

"Bahkan 2,4 persen atau setara dengan 4.534.744 jiwa untuk kategori pernah pakai yaitu usia 15 sampai 64 tahun," tuturnya.

Ia mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan yang bekerja sama dengan Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kota Padang dalam upaya pemberantasan, Penyalahgunaan narkoba di Kota Padang.

"Selain itu kita juga apresiasi Polresta Padang yang pada 20 Agustus 2023 lalu telah melaunching kampung tangguh kampung bebas narkoba di Rawang Kecamatan Padang Selatan dan akan menjadi duta Sumbar ke tingkat nasional," ucapnya.

Hadir juga dalam agenda yang diselenggarakan di Youth Center itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Padang Tarmizi, Anggota DPRD Kota Padang Yandri atau Ketua LAN Kota Padang, dan Polresta Padang. (*/Fs)

Baca Juga

Sekda Padang Andree Algamar dorong ASN di lingkungan Pemko Padang untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada
Sekda Dorong ASN Pemko Padang Berikan Pelayanan Publik Efektif dan Efisien
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Padang terus berupaya meningkatkan kapasitas semua pengurus dan anggota. Termasuk bagi ketua dan
DWP Kota Padang Gelar Workshop dan Lomba Make Up Class
BPK Perwakilan Sumatra Barat kembali melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2023.
BPK Periksa LKPD 2023, Sekda: Semoga Pemko Padang Kembali Raih Opini WTP
Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar mengatakan, bahwa progres pembangunan Pasar Raya Fase VII hingga Februari 2024 sudah mencapai 58 persen.
Wawako Padang: Progres Pembangunan Pasar Raya Fase VII Capai 58 Persen
Pemko Padang Turunkan Tim Bersihkan Drainase di Jati Koto Panjang
Pemko Padang Turunkan Tim Bersihkan Drainase di Jati Koto Panjang
Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, pelaksanaan program kegiatan Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan yang diterapkan bagi peserta
Wako Padang: Pelaksanaan Program Mulok Keminangkabauan Berjalan Baik