3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak

Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.

Ilustrasi anak kecil. [pixel]

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak

Memiliki permasalahan mata minum tentunya akan membuat seseorang lebih merasa terbatas dalam melakukan aktivitas, dan juga akan selalu membutuhkan kaca mata untuk melihat dengan jelas.

Namun, permasalahan mata minus ini tidak hanya bisa terjadi bagi seseorang yang sudah berusia dewasa, karena tak jarang anak anak juga akan mengalami permasalahan mata minus ini.

Oleh karena itu, pentingnya perhatian dari orang tua untuk melihat aktivitas anak mereka, seperti menulis, main gadget, dan lain sebagainya.

Jika tidak, tentunya hal ini akan membuat anak lebih cepat terkena risiko mata minus dan menjadikan mereka harus bergantung kepada kaca mata.

Baca juga: 3 Tips Mengatur Keuangan di Kala Pandemi

Nah berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua agar dapat mencegah permasalahan mata minus bagi anak

Menetapkan Waktu untuk Menggunakan Gadget

Gadget menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap permasalahan mata pada anak, oleh karena itu sangat penting bagi mereka untuk tidak terlalu sering menggunakannya.

Saat ini, orang tua harus memberikan ketegasan akan waktu dalam menggunakan gadget, agar sistem yang bekerja pada mata tidak tegang.

Pencahayaan Rumah

Tanpa disadari, pencahayaan rumah juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar anak tidak mengalami mata minus dalam umur yang masih kecil.

Jika perlu, orang tua perlu menambahkan lampu khusus untuk belajar agar anak tidak harus belajar dalam keadaan yang gelap, sehingga membuat otot mata harus bekerja dengan keras.

Makanan yang Sehat dan Bergizi

Jangan lupa untuk memberikan anak asupan yang bergizi. Salah satunya untuk menjaga kesehatan mata agar tetap bekerja dengan baik.

Baca juga: Pikirkan 4 Hal Ini Sebelum Melanjutkan Pendidikan S2

Ada banyak makanan yang bisa diolah untuk menjaga kesehatan mata tersebut, salah satunya membuat sayur wortel yang dipercaya memiliki kandungan gizi lebih untuk mata.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua agar dapat mencegah permasalahan mata minus bagi anak.


Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Sebanyak 2 ribu ekor ikan asal Sumbar dikirim ke Jakarta pada Kamis (15/2/2024) lalu. Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT)
Penuhi Persyaratan Kesehatan dan Keamanan, 2 Ribu Ekor Ikan Asal Sumbar Dikirim ke Jakarta
Kenali Minuman Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Kenali Minuman Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Daulat Insitute Sukses Laksanakan Program Kampanye Sekolah Sehat di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Daulat Insitute Sukses Laksanakan Program Kampanye Sekolah Sehat di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Perlu Diketahui Ini Penyebab Telinga Berdenging
Perlu Diketahui Ini Penyebab Telinga Berdenging
Hati-hati, Jangan Biasakan Menahan Kentut
Hati-hati, Jangan Biasakan Menahan Kentut
Pentingnya Support System untuk Meningkatkan Kesehatan Mental
Pentingnya Support System untuk Meningkatkan Kesehatan Mental