2021, Renovasi Kandang Satwa TMSBK Bukittinggi Dipatok Rp10 Miliar

Wagub saat berkunjung ke Kebun Binatang Bukittinggi

Foto: Biro Humas Pemprov Sumbar

Langgam.id - Tahun 2021 mendatang, Pemko Bukittinggi kembali mematok renovasi kandang satwa di Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) senilai Rp10 miliar.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Supadria. Menurutnya, perencanaan anggaran itu menjadi tahun ketiga setelah dua tahun berturut-turut sejak 2019 lalu.

"Lanjutan tahap ketiga dalam rangkaian rehab yang sudah berlangsung sebelumnya. Tahap perrama di 2019 lalu dananya sekitar Rp9 miliar. Tahun ini dan masih berlangsung itu pagu anggarannya berkisar Rp15 miliar," katanya, Kamis (25/6/2020).

Angggaran sebesar Rp10 miliar yang diajukan untuk tahun 2021 itu, masih dalam proses pembahasanTim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Pihaknya mengapresiasi Bapelitbang Bukittinggi dengan adanya pendampingan bersama tim yang sudah merespon sektor pariwisata sebagai program andalan.

Selain merehab kandang satwa, Supadria optimistis kepariwisataan Kota Bukittinggi segera pulih usai dilanda pandemi covid-19. Untuk mewujudkan itu, dia menyiapkan strategis khusus.

"Yang utama kami harus kembalikan kepercayaan masyarakat. Destinasi harus dipastikan sehat, aman dan nyaman. Maka kami pastikan protokol kesehatan berjalan baik. Kami cek suhu tubuh pengunjung," katanya.

Selanjutnya, pemulihan kepariwisataan harus dalam bentuk kolaborasi yang terintegrasi. Disoarpora harus bekerja secara terpadu dengan lintas stakeholder, travel agen, dan pramuwisata.

"Pegiat wisata beserta karyawan mereka juga harus sesuai protokol. Setiap hotel areanya harus terjamin bersih," katanya.

Terakhir, proses recovery harus menjunjung tinggi semangat kebangsaan. Maksudnya, membangun pariwisata Kota Bukittinggi tidak bisa Pemko saja. (*/ICA)

Baca Juga

Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah menyiapkan 14 titik parkir resmi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 2024. Belasan titik
Pemko Bukittinggi Siapkan 14 Titik Parkir Resmi, Ini Lokasi dan Tarifnya
Bantuan beras dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, belakang menjadi sorotan. Di media sosial, heboh bantuan itu karena
Heboh Beras Bantuan Baznas Ada Foto Wali Kota Bukittinggi, Banyak Dikecam
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Stasiun Lambuang di bekas Stasiun Kereta Api Bukittinggi. Stasiun Lambuang ini akan menjadi pusat
Stasiun Lambuang Bukittinggi Diresmikan Menteri BUMN, Bakal Jadi Pusat Kuliner Terbesar di Sumbar
Seorang pelajar SMPN 4 Bukittinggi bernama Fritzy Lorenzo (14) ditemukan meninggal dunia di belakang Stadion Atas Ngarai pada Selasa
Sempat Dikabarkan Hilang, Pelajar SMP di Bukittinggi Ditemukan Meninggal Dunia
Sebanyak 1.041.476 pengunjung masuk ke tiga objek wisata berbayar di Bukittinggi selama 2023 yang lalu. Total pendapatan asli daerah (PAD)
1 Juta Orang Kunjungi Objek Wisata Berbayar di Bukittinggi di 2023, Hasilkan PAD Rp22,7 M