2 Warga Solok Selatan Hibahkan Tanah Seluas 1,088 Hektare untuk Jalan

HIBAH TANAH UNTUK JALAN

A. Rahman memperlihatkan surat hibah tanah sebelum diserahkan ke Plt. Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman (Foto: Humas Pemkab Solsel)

Langgam.id – Dua warga Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) menghibahkan tanah seluas 1,088 hektare dengan rincian panjang 1,36 kilometer dan lebar delapan meter untuk pembangunan jalan di daerah itu.

Tanah itu berada di jalan Sungai Asak, penghubung antara Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari dan Talunan, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Tanah itu dihibahkan untuk kepentingan ekonomi, pariwisata dan masyarakat umum.

A. Rahman, salah seorang yang menghibahkan tanahnya menyebutkan, tanah itu sengaja dihibahkan demi kemaslahatan bersama.

“Kami sepakat untuk menghibahkan tanah tersebut untuk mendukung program pariwisata Gua Batu Kapal dan Wisata Geopark Unik di Ranah Pantai Cermin serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui Pasar RPC dengan Pasar Tap 4 Talunan,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Sabtu (22/2/2020).

Dikatakannya, tanah yang dihibahkan tersebut saat ini sudah dibuka dengan biaya sendiri menggunakan escavator. “Jadi tanah tersebut sudah selesai dibuka, dan tinggal pengerjaan saja oleh OPD terkait,” jelasnya.

Namun, menurut Rahman, untuk menembus hingga jalan utama di kedua daerah tersebut masih membutuhkan pembebasan lahan lebih kurang sepanjang 500 meter, yang terletak di lahan masyarakat lain.

"Mudah-mudahan pembebasan ini dapat segera dilakukan pihak terkait, agar ruas jalannya betul-betul tuntas dan dapat dimanfaatkan masyarakat,” ucapnya.

Menghibahkan tanah itu, kata Rahman, niatnya semata-mata hanya untuk memberikan sesuatu yang berharga bagi masyarakat dan juga daerahnya. Ia merasa bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kerugian, tapi mudah-mudahan jadi amal jariyah kelak.

Sementara itu, Plt. Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman mengapresiasi yang telah dilakukan dua orang warga Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari tersebut.

"Pemkab tentu sangat mengapresiasi hal ini, diharapkan dapat dijadikan contoh oleh yang lain," ujarnya.

Menurut Abdul Rahman, sebagai tindak lanjutnya, pemkab akan mengupayakan agar ada alokasi anggaran untuk peningkatan jalan tersebut. (*/ZE)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya