2 Kementerian Dukung Rendang Payakumbuh Mendunia

2 Kementerian Dukung Rendang Payakumbuh Mendunia

Ilustrasi - Rendang (Foto: Hendra)

Langgam.id - Dua kementerian mendukung upaya Pemerintah Kota menjadikan randang (rendang) Payakumbuh mendunia.

Menggandeng Kemenko Perekonomian dan Kementerian Perindustrian RI, Pemko memberi bimbingan teknis bagi 50 pelaku IKM dan UKM Randang se Kota Payakumbuh.

Acara yang digagas oleh Pemko Payakumbuh bersama Bank BNI tersebut berlangsung di Aula Ngalau Indah, Lantai III, Kantor Balaikota Payakumbuh, Rabu (13/3/2019).

Humas Pemko dalam laman resmi Kota Payakumbuh menyebutkan, acara juga menghadirkan narasumber dari BPOM Pusat, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak Wilayah Sumbar dan Jambi.

Dalam sambutan, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Wal Asri mengatakan program Randang Payakumbuh Mendunia telah masuk jadi program kerja Kemenperin RI. Randang jadi salah satu kekayaan kuliner dan budaya Indonesia.

“Jadi bapak dan ibu pelaku IKM dan UKM Randang di Kota Payakumbuh adalah pahlawan yang menyelamatkan kekayaan kuliner dan budaya Randang dari klaim negara asing di kemudian hari,” kata Wal Asri.

Ia juga mengatakan dengan menggandeng dua kementerian RI dan BNI, pelaku UKM Randang dijamin aman dalam berinvestasi dan memproduksi Randang.

“Jika pelaku UKM fokus dan serius mengelola Randang nantinya, insya Allah akan menadapatkan keuntungan yang besar dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat Payakumbuh,” ujar Wal Asri.

Sementara, Wakil Walikota, Erwin Yunaz mengatakan acara bimbingan teknis tersebut merupakan upaya memberikan pemahaman dan pengetahuan pelaku UKM bagaimana skenario usaha Randang dari produksi hingga eksport.

“Jadi ini bentuk upaya Pemko Payakumbuh memperkuat pelaku UKM di Payakumbuh yang berkecimpung dalam usaha Randang. Jadi apa yang diberikan pemateri harap diserap dan dilaksanakan secara maksimal,” kata Erwin Yunaz.

Menurutnya, para pengusaha kuliner tersebut akan akan bersaing dengan dunia internasional yang sudah menerapkan industri bisnis terbuka. "Jadi perkuat pengetahuan kita dengan materi-materi yang diberikan oleh beberapa kementerian ini,” ujarnya. (*/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pj. Wali Kota Payakumbuh rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Randang Balai Kota Payakumbuh, Jumat (27/1/2023). Hal ini menindaklanjuti arahan presiden terkait langkah strategis pengendalian inflasi di daerah.
Pemko Payakumbuh Siapkan Langkah Strategis Atasi Inflasi Daerah
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himpaudi Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah, Kamis (26/1/2023).
Pj Wako Rida Ananda Buka Rakerda Himpaudi Payakumbuh
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Pemko Payakumbuh menyambut kunjungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatra Barat (BPPW) untuk melakukan penandatanganan naskah berita acara serah terima aset kepada Pemerintah Kota Payakumbuh pada Rabu (25/1/2023).
Pemko Payakumbuh Terima Hibah Aset Senilai Rp22 Miliar dari Kementerian PUPR
Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyambut kedatangan pesilat-pesilat dari Kota Payakumbuh sukses yang meraih prestasi
36 Pesilat Payakumbuh Raih Prestasi di Ajang Nasional
Program bapak asuh yang digagas Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda untuk pencegahan stunting cukup memberikan kontribusi penurunan
Menurun, Pj Wako Rida Ananda Terus Tekan Angka Stunting di Payakumbuh