2.262 Mahasiswa UIN IB Padang Ikuti Pembekalan KKN Sebelum Tejunkan ke Lapangan

Pembekalan mahasiswa KKN ke-49 UIN IB Padang. [Foto: Dok. UIN IB Padang]

Pembekalan mahasiswa KKN ke-49 UIN IB Padang. [Foto: Dok. UIN IB Padang]

Langgam.id - Sebanyak 2.262 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebelum terjung ke tengah-tengah masyarakat.

Pembekalan KKN UIN Imam Bonjol Padang periode ke-49 dilaksanakan di Gedung J Kampus 3 da lantai 4 Gedung Febi Sungai Bangek, 03-05 Juli 2023.

Pelaksanaan KKN yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di perguruan tinggi.

Misi KKN UIN Imam Bonjol kali ini, pengabdian kepada masyarakat berbasis aset nagari. Diharapkan pada pelaksanaan KKN ini mahasiswa dapat melihat dan menggali aset serta potensi pada masyarakat, sehingga dapat dipetakan sebagai sumber daya yang akan dikembangkan di masa mendatang.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang Martin Kustati, yang juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Welhendri Azwar, Ketua LP2M Hulwati dan Ketua BP KKN Afrinal.

Martin berpesan kepada mahasiswa KKN agar kegiatan ini dapat memperkaya khazanah keilmuan dan pengalaman bermasyarakat, sehingga dapat menjadi bekal ketika nanti sudah benar-benar terjun ke tengah masyarakat.

"Saya yakin berbagai kompetensi yang telah dibekali di kampus menjadi bekal bagi saudara di tengah masyarakat," ujar Martin.

Baca juga: Asesor BAN-PT Asesmen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN IB Padang

Diketahui, KKN ini terdiri dari dua kategori yaitu KKN Nasional dengan tujuan kota Metro Lampung, kota Pare-pare Sulawesi Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara, untuk KKN Reguler, daerah tujuannya adalah beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat yaitu kota Sijunjung, kabupaten Dharmasraya, Pariaman, Agam, Solok, Solok Selatan, 50 Kota, Tanah Datar dan Pasaman Barat. (*/adv)

Baca Juga

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB) akan menurunkan 2.027 orang mahasiswa untuk mengikuti proses Kuliah Kerja Nyata (KKN)
2.027 Mahasiswa UIN IB Padang Akan Ikuti KKN ke-50 Tahun 2024
Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Bagi banyak jemaah, haji merupakan mimpi
Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-116
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati bersama tim mitigasi bencana universitas, dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian
UIN Imam Bonjol Padang dan Kemenag RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Sumbar
Tujuh orang dosen muda di UIN Imam Bonjol Padang menerima sertifikat Sertifikasi Dosen (Serdos). Sertifikat Serdos itu diserahkan oleh.
7 Dosen Muda UIN Imam Bonjol Padang Terima Sertifikat Serdos
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menjalin kerja sama dengan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang. Penandatanganan MoU
UIN Imam Bonjol Jalin MoU dengan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang