186 Mahasiswa KKN UIN IB Padang Diantar ke Tanah Datar

Penyerahan 186 mahasiswa KKN UIN IB Padang ke Kabupaten Tanah Datar. [Foto: Dok. UIN IB Padang]

Penyerahan 186 mahasiswa KKN UIN IB Padang ke Kabupaten Tanah Datar. [Foto: Dok. UIN IB Padang]

Langgam.id - Sebanyak 186 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang diantarkan ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

Seratusan mahasiswa itu diantar dan diserahkan langung oleh Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat UIN IB Padang, Yurisman bersama rombongan.

Kepala PPM UIN IB Padang, Yurisman mengatakan, semoga mahasiswa yang melaksanakan KKN selama 40 hari ini dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan sukses.

"Mahasiswa dapat belajar dengan masyarakat, berkolaborasi, apalagi kali ini terdapat keistimewaan dengan ikut bergabungnya mahasiswa KKN dari UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta," ujar Yurisman.

Sementara itu, DPL UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Farkhan mengaku salut dengan sambutan dari pemerintahan daerah Tanah Datar.

Menurut Farkhan, bahwa dengan bergabungnya KKN dengan UIN IB memberikan semangat yang luar biasa bagi mahasiswa UIN SK Yogyakarta. "Ini namanya Konsep Sengsara Membawa Nikmat. InsyaAllah kami juga membekali mahasiswa seperti konsepnya Sunan Kalijogo, di mana ia dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat, selamat dan sukses UIN IB Padang," ucap Farkhan.

Lalu, perwakilan wali nagari di Tanah Datar, Marjohan mengucapkan terima kasih kepada UIN IB Padang dan UIN SK Yogyakarta yang bergabung untuk KKN di Tanah Datar.

Ia berharap mahasiswa KKN bisa berkoordinasi dan bergaul dengan baik bersama masyarakat. Mahasiswa KKN dapat melaksanakan program-programnya yang telah disusun.

Baca juga: FUSA UIN IB Padang Bahas Islam dan Perubahan Sosial di Asia Tenggara

"Kami juga akan membantu dari nagari apa yang diprogramkan oleh nagari, sehingga mereka juga mendapatkan ilmu dari masyarakat sebagai bekal mereka ke depan," ungkap Marjohan.

Usai pertemuan, tim dipandu ke salah satu lokasi tempat tinggal mahasiswa KKN untuk bersilaturrahmi, sekaligus memberikan semangat dan arahan, dengan harapan selama 40 hari ke depan kegiatan mereka dapat berjalan lancar, aman, dan tentram, serta kuncinya adalah mereka bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan dan kultur budaya masyarakat setempat. (*/adv)

Baca Juga

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar halal bi halal usai cuti bersama Idul Fitri 1445 H di Gedung J kampus III UIN IB,
Jalin Silaturahmi, UIN Imam Bonjol Padang Adakan Halal bi Halal
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang memperpanjang pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024. Hal itu diketahui dari postingan
Pendaftaran Wisuda ke-91 Tahun 2024 UIN Imam Bonjol Padang Diperpanjang
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membuka pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024 untuk program diploma, program sarjana, program
UIN Imam Bonjol Padang Buka Pendaftaran Wisuda ke-91 pada 26-30 Maret 2024
Kemenkeu Goes To Campus dilaksanakan di Ruang Aula Gedung Kuliah Bersama Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (5/3/2024).
Kemenkeu Goes to Campus 2024 Digelar di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang berhasil meraih predikat sebagai salah satu kampus keagamaan Islam terbaik di Indonesia. Berdasarkan SPAN-PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang Peringkat Keempat dengan Pendaftar Terbanyak di SPAN PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang akan mengelar perlombaan bagi mahasiswa yakni Pekan Kreatifitas Mahasiswa Universitas (PKMU). Perlombaan tahunan ini
UIN Imam Bonjol Bakal Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa Universitas 30 April-5 Mei