100 TPS di Sumbar Besok Laksanakan PSU

100 TPS di Sumbar Besok Laksanakan PSU

Gebriel Daulay, Komisioner KPU Sumbar (Foto: FZ / Langgam.id)

Langgam.id - 100 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumatra Barat akan laksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) besok, Sabtu (26/04/2019).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Gebriel Daulay mengatakan PSU yang akan dilaksanakan besok sudah disiapkan. Semua logistik sudah didistribusikan. "Logistiknya sudah kita dapatkan dari KPU RI," ujar Gebriel kepada Langgam.id di ruangannya, Kamis (25/04/2019).

Sebenarnya, kata Gebriel, surat suara untuk PSU juga sudah disiapkan sebelumnya. "Sudah ada 1.000 surat suara caleg per Daerah Pemilihan (Dapil) dan 1.000 untuk surat suara presiden per kabupaten/kota, itu memang diperuntukkan ketika ada PSU," jelasnya.

Selain itu, menurut Gebriel, penetapan PSU berdasarkan rekomendasi dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Umumnya, kata Gebriel, adanya PSU karena kesalahan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang mengizinkan mencoblos dengan menggunakan KTP yang bukan penduduk setempat.

"Seharusnya, dalam aturan boleh memilih bagi yang bukan penduduk setempat dengan menggunakan kartu pindah memilih A5," ucap Gebriel.

Adanya PSU, kata Gebriel, Petugas KPPS sudah mulai memberikan surat pemberitahuan kepada pemilih. Sesuai aturan, pelaksanaan PSU terakhir 27 April 2019. "PSU maksimal sepuluh hari setelah pemungutan suara, itu aturannya," ujar Gebriel.

Data dari KPU Sumbar, dari 19 kabupaten/kota di Sumatra Barat, terdapat 15 kabupaten/kota yang melaksanakan PSU. Sedangkan satu TPS di Kabupaten Solok, hari ini telah laksanakan PSU, yaitu di TPS 03 Saniang Baka, Kecamatan Lembang Jaya.

PSU terbanyak di kota Padang, yaitu 46 TPS. Hanya ada empat daerah yang tidak melaksanakan PSU yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kota Pariaman dan Kota Padang Panjang.

Data kabupaten/kota yang akan melaksanakan PSU, yaitu Kota Solok satu TPS, Kabupaten Sijunjung lima TPS, Kota Sawahlunto satu TPS, Kota Bukittinggi satu TPS, Kabupaten Agam Sepuluh TPS, Kabupaten Pasaman satu TPS, Kabupaten Solok Selatan 14 TPS, dan Kota Padang 46 TPS.

Lalu, Kota Payakumbuh satu TPS, Kabupaten Padang Pariaman satu TPS, Kabupaten Kepulauan Mentawai dua TPS, Kabupaten Lima Puluh Kota enam TPS, Kabupaten Solok dua TPS, Kabupaten Tanah Datar satu TPS, dan Kabupaten Pasaman Barat sembilan TPS. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
KPU Sumbar Putuskan Eks Napi Korupsi Irman Gusman Tak Bisa Berlaga di Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Sumbar, Publik Bisa Beri Masukan
Jelang Pemilu 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat telah merekapitulasi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Ini 5 Kabupaten/Kota dengan Daftar Pemilih Tetap Terbanyak di Sumbar