10 Warga Kota Pariaman Ikuti Diklat Kompetensi di BBPLK Bandung

10 Warga Kota Pariaman Ikuti Diklat Kompetensi di BBPLK Bandung

Warga Pariaman ikuti Diklat di Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, Jawa Barat. (Humas Pemko Pariaman)

Langgam.id- Sebanyak 10 warga Kota Pariaman menjadi peserta pendidikan dan pelatihan Kompetensi di Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kota Pariaman Alfian Harun setelah acara pelepasan di Halaman Mall Pelayanan Publik Kota Pariaman, Minggu (02/02/2020)

Pelatihan ini dilaksanakan sejak 3 Februari 2020 hingga 15 April 2020 di BBPLK Bandung dengan sistem boarding atau diinapkan. Semua anggaran biaya berasal dari anggaran kegiatan BBPLK Bandung.

“Kota Pariaman satu-satunya daerah di Sumbar yang mendapatkan kuota untuk mengikuti pelatihan ini. Peserta dari Kota Pariaman ini terdiri dari 9 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, dan masing-masing mengikuti kompetensi sesuai minat dan bakat dari peserta," ujarnya.

Kata dia, adapun kompetensi yang diikuti antara lain, otomotif sebanyak 4 orang, manufaktur sebanyak 5 orang, dan pendingin sebanyak 1 orang.

Ia mengatakan, setiap warga diberi kesempatan untuk bergabung dan mengikuti magang ke beberapa perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengan Pemko Pariaman. Ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Kota Pariaman.

“Peserta magang kali ini sebelumnya telah diseksi mulai hari Kamis (23/01) sampai Sabtu (25/01). Seleksi yang dilakukan adalah seleksi administrasi, tertulis dan wawancara. Untuk wawancara dilakukan langsung oleh pihak BBPLK Bandung," ujarnya.

Sebelum dinyatakan lulus dan berhasil mengikuti diklat kompentensi di Bandung, kata dia, peserta tetap melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara online lewat aplikasi Sisnaker. Ini merupakan salah satu aplikasi yang dikelola langsung Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Lalu, setelah batas waktu yang ditentukan, pihak Pemko Pariaman memfasilitasi BBPLK Bandung untuk menyeleksi peserta tersebut di Kota Pariaman.

“Kami Pemko Pariaman selanjutnya memfasilitasi BBPLK Bandung untuk melakukan seleksi. Hubungi peserta dan tentukan dimana akan dilakukan tes tertulis dan wawancara. Mulai dari pendaftaran sampai dinyatakan lulus dan diberangkatkan, peserta tidak dipungut biaya karena semuanya sudah ditanggung pihak BBPLK Bandung, “ ujarnya.

Ia berpesan kepada peserta untuk menjaga nama baik Kota Pariaman, berprilaku sopan, saling bekerja sama dan jaga kesehatan. Disiplin dengan waktu, sesuaikan diri dengan lingkungan, serta ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, agar setelah kembali nanti bisa dimanfaatkan untuk peluang kerja bagi para peserta. (Inforial)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah