1 Lagi Jemaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Dunia, Total Jadi 2 Orang

Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah

Ilustrasi penyelengaraan ibadah haji. (Foto: Konevi/pixabay.com)

Langgam.id - Satu lagi jemaah Embarkasi Haji Padang dilaporkan meninggal dunia di Kota Mekah, Arab Saudi pada Jumat (15/7/2022) sore. Total sudah dua orang jemaah haji asal Sumatra Barat (Sumbar) dilaporkan meninggal dunia.

Jemaah yang meninggal dunia bernama Nurhadis Bustamam Rais asal Kota Payakumbuh. Dia tergabung dalam Kloter 5 Embarkasi Padang. Jemaah berusia 65 tahun itu meninggal di Rumah Sakit (RS) An Nur sekitar pukul 16.00 waktu Arab Saudi.

Ketua Kloter 5 Embarkasi Haji Padang Ermizaldi menjelaskan, kondisi terakhir sebelum meninggal bahwa almarhum awalnya didiagnosa oleh dokter kloter mengalami dehidrasi. Hingga akhirnya dirujuk ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) pada 22Juni 2022 lalu.

Kemudian pada 23 Juni 2022, kondisinya memburuk dan dilarikan ke RS An Nur Mekah. Setelah diperiksa Nurhadis didiagnosa stroke pendarahan kecil di otak.

"Sehingga menyebabkan penurunan kesadaran terhadap beliau. Sejak tanggal 23 Juni hingga Jumat (15/7/2022) jamaah tidak memperlihatkan tanda-tanda kesadaran," katanya, Minggu (18/7/2022).

Setelah meninggal, malamnya jenazah langsung diselenggarakan, dan paginya disalatkan di Masjidil Haram Mekah, kemudian langsung dimakamkan di pemakaman umum Soraya Mekah.

Di hari yang sama meninggalnya jamaah, pihaknya juga langsung menginformasikan kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sumbar dan juga keluarga jemaah yang bersangkutan. Kemudian untuk ibadah hajinya, beliau juga dibadalkan yang dilakukan oleh petugas kloter yang ditunjuk.

"Alhamdulillah beliau tetap haji dan sertifikatnya juga sudah ada saat ini," katanya.

Saat ini Kloter 5 Padang juga masih berada di Arab Saudi, secara keseluruhan, jemaah dalam keadaan sehat. Namun ada beberapa orang mengalami batuk dan flu saja dan tidak ada yang dalam kondisi parah.

Terkait jadwal kepulangan jamaah Kloter 5 Embarkasi Padang, ia menyebutkan akan dilakukan pada Selasa (19/7/2022).

Dengan jumlah jemaah 391 orang, 1 orang meninggal dunia, dan 1 orang lagi mengambil penerbangan duluan bersama kloter 2 sebelumnya, karena adanya urusan mendadak yang tidak bisa dielakkan.

Diberitakan sebelumnya, seorang jemaah haji asal Kabupaten Pasaman, Sumbar yang tergabung dalam Kloter 4 Bangun Wahid Lubis (59) dilaporkan meninggal dunia usai melaksanakan salat Ashar di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat (10/6/2022). Dengan begitu, hingga saat ini total dua orang jemaah haji musim 2022 asal Sumbar yang meninggal dunia.

---

Dapatkan update berita Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Satu Orang Jemaah Embarkasi Padang Meninggal di Tanah Air, 6 Orang Wafat di Tanah Suci
Satu Orang Jemaah Embarkasi Padang Meninggal di Tanah Air, 6 Orang Wafat di Tanah Suci
Embarkasi Padang telah memberangkatkan 12 kloter CJH ke Tanah Suci hingga hari ini. delapan kloter CJH Sumbar dan empat kloter dari Bengkulu
4.713 CJH Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci dari Embarkasi Padang
Jamaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Padang Mendarat di BIM
Jamaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Padang Mendarat di BIM
jamaah-haji-asal-kota-pariaman-tiba-di-tanah-air
Jamaah Haji Asal Kota Pariaman Tiba di Tanah Air
Kloter 2 Padang Mendarat, 393 Jemaah dari 5 Kabupaten dan Kota di Sumbar
Kloter 2 Padang Mendarat, 393 Jemaah dari 5 Kabupaten dan Kota di Sumbar
Jemaah Haji Kloter 1 Padang: Pelayanan dan Makanan Bagus, Tapi Perlu Sambalado
Jemaah Haji Kloter 1 Padang: Pelayanan dan Makanan Bagus, Tapi Perlu Sambalado