Yarsi Sumbar dan TRC BNPB Bantu Korban Banjir Bandang Agam

Yarsi Sumbar dan TRC BNPB Bantu Korban Banjir Bandang Agam

Tim Bhakti Sosial Yarsi Sumbar mengantarkan bantuan langsung ke tenda tanggap darurat bencana longsor di Jorong Galapuang, Kabupaten Agam. (ist)

Langgam.id - Beragam bantuan mulai mengalir ke Jorong Galapuang, Nagari Tanjungsani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Hal itu diharapkan mempercepat pemulihan kondisi dan meringankan beban korban terdampak banjir bandang, Rabu (20/11/2019).

Salah satunya, bantuan tim paramedis untuk pemeriksaan kesehatan dari rombongan Yarsi Sumbar. Mereka terdiri dari RSI Ibnu Sina Bukittinggi, Tim Pengabdian Masyarakat STIKES Yarsi, Universitas Muhammad Natsir (UMN) dan PT Masyitah Yarsi Bukittinggi beserta Yayasan Birrul Walidain.

Selain memeriksakan kesehatan warga dan keluarga korban, bakti sosial Yarsi Sumbar itu sekaligus membawa beragam paket bantuan berupa kain sarung, mukena, sembako, handuk, selimut dan peralatan lainnya.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, kami sangat merasa prihatin. Yarsi Sumbar langsung melaksanakan penggalangan dana. Kami harap bantuan ini dapat meringankan beban saudara kami di sini," ujar Sekretaris Umum Yarsi Sumbar, Anisral.

Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat secara awal telah sampai di lokasi longsor di Jorong Galapuang, Jumat (22/11/2019).

Sampai di lokasi, tim melakukan kajian dini terhadap kebutuhan yang diperlukan korban bencana. BNPB juga berikan bantuan dana sebesar Rp250 juta yang langsung ditransfer ke kas tanggap darurat BPBD Agam.

TRC BNPB dipimpin Kasubdit Kompensasi dan Pengembalian Hak Pengungsi, Budhi Erwanto juga berkoordinasi dengan Bupati Agam, Indra Catri untuk membicarakan rencana aksi tindak lanjut yang akan dilakukan.

"Kami ingin memastikan pendirian posko, penanganan korban dan proses tanggap darurat sudah berjalan baik sesuai prosedur," katanya.

Bupati Agam, Indra Catri yang menyambut langsung para donatur peduli kemanusiaan itu mengapresiasi ragam bantuan tersebut. "Kami mewakili korban berterima kasih atas semua bantuan ini," katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pascabanjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, semua unsur saat ini melakukan
BPBD Agam Kerahkan 3 Alat Berat Bersihkan Material Banjir Bandang
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam
Minta Pengusaha Bayarkan THR, Disnakerin Padang Buka Posko Pengaduan
Pemkab Agam Masih Kaji THR untuk THL