Wisuda ke 77, ITP Lantik 278 Wisudawan

Wisuda ke 77, ITP Lantik 278 Wisudawan

Prosesi wisuda angkatan ke 77 ITP. [Foto: Ist]

Langgam.id - Institut Teknologi Padang (ITP) melantik 278 wisudawan sarjana maupun diploma, pada wisuda ke 77 yang dilaksanakan di The Premier Hotel Padang, Minggu (20/11/2022).

Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT mengatakan perguruan tinggi yang dipimpinnya mewisuda sebanyak 278 orang yang terdiri dari 46 wisudawan diploma III (D3) dan 232 wisudawan sarjana.

"Wisuda ke 77 ini diikuti oleh diploma 3 dan sarjan teknik serta sarjana komputer," katanya.

Ia menjelaskan, untuk D3 terdiri dari program studi Teknologi Listrik 14 orang, Teknik Mesin 13 orang dan Teknik Sipil 19 orang, sehingga total jumlah wisudawan sari Fakultas Vokasi adalah 46 wisudawan/wisudawati.

Kemudian dari Fakultas Teknik sebanyak 232 orang yang terdiri dari Program Studi Teknik Sipil 118 orang, Teknik Geodesi 18 orang, Teknik Elektro 33 orang, Teknik Mesin 40 orang dan Teknik Informatika 23 orang.

Jumlah lulusan yang tepat waktu mencapai 110 orang setara dengan 47,40 persen dari 232 orang lulusan Fakultas Teknik. Dari wisudawan ini, 31 orang diantaranya merupakan lulus dengan Predikat Pujian.

Adapun, prestasi lulusan terbaik dengan predikat terbaik diraih oleh 8 wisudawan, dari Fakultas Vokasi IPK tertinggi 3,83 dan termuda diraih oleh ananda Gelfin Pranando, dengan usia 20 tahun 10 bulan 4 hari, anak dari pasangan Heriyadi dan Emi Erfia, asal sekolah SMAN I Duo Koto.

Lalu, dari Fakultas Teknik IPK tertinggi 3,87 yang diraih oleh Hasyim Al As Hary dari program studi Teknik Mesin S1. Hasyim adalah anak dari pasangan Candra Wesnedi dan Permawati,  asal sekolah SMAN 2 Mandau Riau.

Untuk lulusan termuda dari Fakultas Teknik adalah Sivia Pebrina, IPK 3,49 dengan umur 21 tahun 8 bulan 25 hari dari Teknik sipil.

"Kepada ananda yang berhasil meraih prestasi sebagai lulusan terbaik, saya ucapkan selamat, selamat atas prestasi luar biasa yang telah dicapai, semoga sukses ini berlanjut dalam karya dan karir selanjutnya," ujar rektor.

Ia meminta para alumni ITP untuk terus berprestasi, mengharumkan nama keluarga, almamater dan bangsa Indonesia sebagai amal ibadah kepada Allah SWT Tuhan YME.

"Kepada segenap wisudawan lainnya, saya juga mengucapkan selamat atas kelulusan ananda semua dari kampus tercinta ini, semoga semua yang telah diperoleh selama belajar di sini bermanfaat sebagai bekal dalam berjuang dan berkarya di tengah-tengah masyarakat. Kami yakin, ananda semua akan menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan di tengah masyarakat," paparnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd juga memberika  selamat kepada wisudawan serta keluarga yang telah bersama-sama bersama kampus mengantarkan anak didiknya menyelesaikan studi dengan baik.

"Pencapaian saudara adalah bukti kerja keras, dedikasi saudara yang tentu tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat dalam usaha keras tersebut, terutama para orangtua atau keluarga dan orang-orang tercinta. Kami mengucapkan selamat," ujarnya.

Ia mengharapkan para alumni ITP terus berkarya, dengan memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Sejak berdiri pada tahun 1973, jumlah alumni ITP telah mencapai 9201 orang, ditambah dengan lulusan wisuda angkatan 77, maka jumlah alumni ITP mencapai 9.479 orang.

"Kakak-kakak kalian bekerja di berbagai bidang dan lapangan pekerjaan, seperti perusahaan asing, BUMN, BUMS, peneliti, dosen, profesional dan wirausaha serta di pemerintahan. Alumni ITP tersebar di berbagai penjuru tanah air, bahkan tidak sedikit yang bekerja di luar negeri," katanya.

Baca Juga

ITP Gelar Webinar Internasional Bahas Teknologi Terbaru di Bidang Geodesi
ITP Gelar Webinar Internasional Bahas Teknologi Terbaru di Bidang Geodesi
Luluskan 223 Orang, ITP Gelar Wisuda ke 79 Akhir Pekan Ini
Luluskan 223 Orang, ITP Gelar Wisuda ke 79 Akhir Pekan Ini
Rektor UIN IB, Martin Kustati: Di Zaman Ini, Tech Savvy Menjadi Keharusan
Rektor UIN IB, Martin Kustati: Di Zaman Ini, Tech Savvy Menjadi Keharusan
Wisuda ke 78, ITP Padang Luluskan 167 Wisudawan
Wisuda ke 78, ITP Padang Luluskan 167 Wisudawan
ITP Terima 1.000 Mahasiswa Baru Tahun Ini
ITP Terima 1.000 Mahasiswa Baru Tahun Ini
UBH Lepas 824 Wisudawan, Rektor Tafdil: Lulusan Berkualitas Siap Berkiprah di Dunia Kerja
UBH Lepas 824 Wisudawan, Rektor Tafdil: Lulusan Berkualitas Siap Berkiprah di Dunia Kerja