Warga Terdampak Covid-19 di Dharmasraya Bakal Dapat Bantuan Tunai

Warga Terdampak Covid-19 di Dharmasraya Bakal Dapat Bantuan Tunai

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin rapar koordinasi mekanisme penyaluran BLT terdampak Covid-19. (Foto Humas Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id- Warga Kabupaten Dharmasraya yang terdampak Covid-19, bakal mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT), senilai Rp 600 ribu per kepala keluarga.

Hal ini disampaikan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat rapat koordinasi mekanisme penyaluran BLT untuk masyarakat terdampak Covid-19 bersama Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Paryanto, Forkopimda, para camat dan wali Nagari di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya Selasa (21/04/20)

"Pemerintah daerah melalui dana desa atau nagari akan memberikan BLT senilai Rp 600 ribu per kepala keluarga," ujar Sutan Riska.

Sutan mengatakan, BLT akan diberikan kepada masyarakat yang memang tidak mendapat bantuan dari pemerintah pusat, seperti bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan bantuan lainnya.

Agar tidak tumpang tindih, kata Sutan, wali nagari diminta untuk mendata dengan benar. Serta memastikan, yang terdaftar sebagai penerima BLT ini masyarakat yang berhak menerimanya.

"Kita ingin, kebijakan pemerintah untuk memberikan BLT ini benar-benar membantu dan menyentuh masyarakat yang terdampak. Terutama sekali mereka yang ekonominya terdampak serius akibat Pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Sutan Riska mengatakan, pemerintah nagari dapat mendata melalui kepala jorong dan kader dasawisma. Data yang telah ada, direkap, dan kemudian dimusyawarahkan di tingkat nagari bersama unsur-unsur terkait, seperi Bamus, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Baru kemudian dibuatkan kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh seluruh pihak terkait, dan kemudian wali nagari membuatkan surat keputusannya. Itulah nanti yang akan dijadikan dasar penyaluran BLT," ujarnya.

Baca Juga

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyambut baik dilaksanakannya pertemuan ribuan umat Islam se-Sumatra yang dilaksanakan
Sutan Riska Sambut Baik Pertemuan Ribuan Umat Islam di Masjid Agung Dharmasraya
Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Tahun 2024, Apkasi Expo 2024 dan Apkasi Procurement Network
Dihadiri Bupati se-Indonesia, Presiden Jokowi Buka Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo 2024
Sekretaris Daerah Dharmasraya Adlisman resmi membuka Adhyaksa Fair 2024, yang digelar di pelataran parkir Kejaksaan Negeri Dharmasraya,
Sekda Resmi Buka Adhyaksa Fair Kejari Dharmasraya Tahun 2024
TP PKK Dharmasraya menggelar Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Dharmasraya 2024 di Alinea Farm & Park, Nagari Sitiung pada Kamis, (4/7/24)
Bupati Sutan Riska Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Dharmasraya
Menindaklanjuti Peraturan Presiden tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Dharmasraya resmikan Mal Pelayanan
Ketua DPRD Dharmasraya Hadiri Softlaunching Mal Pelayanan Publik
Nagari Sungai Limau merupakan sebuah nagari yang terletak di Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat.
Realisasi PBB Nagari Sungai Limau di Dharmasraya Capai 89 Persen