Warga Padang Panjang Mulai Terima BLT BBM Hari Ini, Disalurkan untuk 1.694 Keluarga

Langgam.id - Warga Kota Padang Panjang mulai menerima BLT sebagai pengalihan subsidi BBM mulai hari ini, Jumat (9/9/2022).

Warga Padang Panjang terima BLT pengalihan subsidi BBM mulai hari ini, Jumat (9/8/2022). [Foto: Dok. Pemko Padang Panjang]

Langgam.id - Warga Kota Padang Panjang mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai hari ini, Jumat (9/9/2022). BLT itu diperuntukkan bagi 1.694 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Osman mengatakan, tahap pertama, bantuan disalurkan untuk warga Padang Panjang Barat (PPB).

"Untuk Padang Panjang Timur (PPT) disalurkan hari Sabtu, 10 September 2022. Alokasi penerima BLT BBM akan disalurkan untuk 1.694 KPM," ujar Osman, Jumat (9/9/2022).

Bantuan ini, lanjut Osman, dilakukan sebagai langkah strategis untuk memulihkan ekonomi pascakenaikan harga BBM.

"Program BLT BBM ini pengalihan subsidi BBM kepada masyarakat terdampak, khususnya bagi masyarakat miskin dan rentan miskin," ungkapnya.

Dikatakan Osman, untuk mekanisme penyaluran, langsung disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Pelaksanaan penyalurannya dilaksanakan dua tahap, yaitu tahap I (September dan Oktober) dan tahap II (November dan Desember) dengan nilai BLT BBM sebesar Rp150 ribu per KPM per bulan.

"Penyaluran ini dilaksanakan bertahap agar memenuhi 4T (tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat administrasi),” paparnya.

Osman menambahkan, BLT BBM diberikan serentak dengan penyaluran Program Sembako periode September. Jadi, total nilai yang akan diterima KPM adalah senilai Rp500 ribu per KPM.

"Jadi masyarakat hari ini merima BLT BBM langsung dua bulan Rp300 ribu dan dengan bantuan sembako Rp200 ribu. Jadi, total keseluruhan diterima berjumlah Rp500 ribu," katanya.

Sementara itu, Eksekutif Manager Pos Indonesia, Puti Kumala Dewi menyebutkan, pihaknya menyalurkan bantuan saat ini dengan mengatur jadwal selama dua hari.

Baca juga: Dinsos Padang Akan Salurkan BLT BBM Rp600 Ribu Melalui 6 Kantor Pos

"Kami sudah membuat jadwal untuk setiap warga kelurahan yang akan menerima. Jamnya sudah kami atur. Bagi penerima wajib membawa KTP asli dan jika diwakilkan, harus bawa KK asli," katanya.

Dapatkan update berita Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) diterjang banjir bandang pada Satu (11/5/2024) lalu. Salah satunya melanda Kota Padang Panjang.
Kerugian Material Capai Rp5 M, Ini Dampak Bencana Banjir Bandang di Padang Panjang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun