Wako Resmikan Jembatan Gantung Baru di Payakumbuh, Hubungkan 2 Kelurahan

Wako Resmikan Jembatan Gantung Baru di Payakumbuh, Hubungkan 2 Kelurahan

Penjabat Wali Kota Rida Ananda meresmikan jembatan gantung baru di Payakumbuh, Selasa (3/1/2023). (Foto: Dok. Pemko Payakumbuh)

Langgam.id - Penjabat Wali Kota Rida Ananda meresmikan jembatan gantung baru di Payakumbuh, Selasa (3/1/2023). Membentang di atas Batang Lamposi, jembatan ini menghubungkan dan mendekatkan akses dua kelurahan.

Situs resmi Pemko Payakumbuh merilis, Jembatan Gantung Ompang Tanah Sirah yang diresmikan itu dibangun dengan APBD Kota Payakumbuh tahun 2022 dengan anggaran senilai Rp1,032 miliar.

Jembatan ini mulai dikerjakan oleh CV. Pengayoman Paskeh 4 Agustus 2022 dan selesai pada Desember yang lalu.

Selesainya jembatan sepanjang 41 meter dan lebar 1,8 meter ini memperdekat jarak antara Kelurahan Taratak Padang Kampuang dan Ompang Tanah Sirah.

Kepala Dinas PUPR Muslim mengatakan, pembangunan jembatan ini berawal dari permintaan tokoh masyarakat setempat yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan itu.

Sebelum ada jembaan gantung ini, warga menggunakan jembatan yang terbuat dari bambu yang sering hanyut saat air sungai membesar. Tanpa jembatan, akses warga kedua kelurahan akan lebih jauh, karena harus melalui jalan memutar.

"Keberadaan jembatan ini sangat strategis untuk akses pertanian, perdagangan, dan usaha warga. Di samping itu juga menjadi penghubung jembatan hati antara warga Payonibuang dan Talowi yang berdekatan tapi dibatasi sungai, akan dekat lagi hubungan silaturahminya," ujarnya.

Syahrel, tokoh masyarakat setempat dalam sambutannya mengapresiasi Pemko Payakumbuh yang mewujudkan jembatan yang diidamkan masyarakat selama belasan tahun. Tanpa jembatan, warga setempat harus menempuh jarak kurang lebih 3 Km.

“Dengan diresmikan hari ini, pak wali menggunting pita, maka kami bersama warga ikut merayakan kebahagiaan ini dengan gelar syukuran makan bersama,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota Rida Ananda berharap jembatan untuk kebutuhan masyarakat ini, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Bagi pemda keberhasilan pembangunan adalah menciptakan akses transportasi yang mudah. Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan bersama dinilai ibadah oleh Allah SWT. Akses pertanian diperlancar, petanipun sejahtera,” katanya.

Usai meresmikan Jembatan Gantung Ompang Tanah Sirah, Wako dan rombongan juga menggunting pita peresmian Jembatan Punai di Parik Muko Aie. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Wako Payakumbuh: 2024, Anggaran Banyak Terserap Pilkada
Wako Payakumbuh: 2024, Anggaran Banyak Terserap Pilkada
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri undangan jamuan makan malam pada peringatan tahun baru Imlek 2574 bersama Komunitas HBT
Pj Wako Payakumbuh Hadiri Peringatan Tahun Baru Imlek Bersama Komunitas HBT
Peresmian Posko UPP Saber Pungli sekaligus launching aplikasi pengaduan masyarakat Whistle Blower Sistem (WBS) dilaksanakan di MPP Payakumbuh
Cegah Pungutan Liar, Posko UPP Saber Pungli Kini Hadir di MPP Payakumbuh
Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh matangkan persiapan guna memaksimalkan zonasi jelang PPDB tahun pelajaran 2023/2024 jenjang SD dan SMP.
Disdik Payakumbuh Matangkan Persiapan Jelang PPDB SD dan SMP
Sebanyak 141 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Payakumbuh dilantik oleh Ketua KPU Kota Payakumbuh di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi
Lantik 141 PPS se-Payakumbuh, Ketua KPU: Buktikan Kalau Kita Layak Sebagai penyelenggara
Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Siapkan Sejumlah Langkah Ini
Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Siapkan Sejumlah Langkah Ini