Langgam.id - Volume pengiriman di PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Padang meningkat hingga 30 persen memasuki awal Ramadan 1446 Hijriah.
Peningkatan tersebut terjadi dikarenakan tradisi masyarakat Minang yang mengirim makanan khas, seperti rendang ke berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, juga terjadi kenaikan transaksi belanja daring.
Executive General Manager PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Padang, Muhammad Yasin mengatakan, rata-rata volume kiriman saat ini mencapai 2 ribu paket per hari. Jumlah ini naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.500 kiriman per hari.
"Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kebiasaan masyarakat Minang dalam mengirim makanan, terutama rendang, ke seluruh penjuru Tanah Air," ucap Yasin dilansir dari infopublik.id, Senin (17/3/2025).
Yasin mengungkapkan, guna mengantisipasi lonjakan pengiriman ini, bahwa PT Pos Indonesia Padang sudah menyiapkan berbagai strategi agar layanan tetap berjalan lancar sesuai dengan Service Level Agreement (SLA).
"Kami memastikan kapasitas layanan tetap optimal agar peningkatan volume kiriman tidak mengganggu kualitas operasional. Masyarakat harus mendapatkan pelayanan terbaik, dan kiriman dapat sampai tepat waktu, terutama di momen yang sangat dinantikan seperti Ramadan ini," ujar Yasin.
Selain itu, terang Yasin, PT Pos Indonesia juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai platform e-commerce dan marketplace. Hal ini mengingat tren belanja daring yang turut berkontribusi terhadap peningkatan volume pengiriman.
Selain faktor tradisi pengiriman makanan khas Minang, seperti rendang, peningkatan ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya aktivitas belanja online selama Ramadan.
Banyak masyarakat yang membeli kebutuhan Ramadan dan Lebaran melalui platform digital, sehingga meningkatkan jumlah paket yang dikirim melalui PT Pos Indonesia.
"Saat ini, kecenderungan masyarakat untuk berbelanja secara online juga berdampak pada meningkatnya transaksi pengiriman di PT Pos Indonesia Padang. Oleh karena itu, kami telah menjalin kemitraan dengan berbagai marketplace untuk memastikan pengiriman barang berjalan lancar," bebernya.
Yasin mengungkapkan, dengan persiapan yang matang, PT Pos Indonesia Padang berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cepat, aman, dan tepat waktu bagi masyarakat yang mengandalkan jasa pengiriman selama Ramadan. (*/yki)