Vaksin Merah Putih Ditargetkan Diproduksi 2022

Menkes vaksinasi sumbar, kasus covid-19 daerah, vaksin merah putih

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin [dok.PERSI]

Langgam.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap vaksin covid-19 Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia sudah bisa diproduksi pada Februari 2022.

Budi mengatakan, sama seperti vaksin covid-19 lain, vaksin Merah Putih telah melalui uji praklinis tahap 1, 2 dan 3 kepada hewan dengan hasil yang aman dan baik.

"Ini kan sudah lulus uji praklinis kepada hewan, kalau bisa uji klinisnya pada manusia mulai tahun ini untuk mengukur keamanannya," kata Menkes Budi dalam keterangannya, dikutip Rabu (10/11/2021).

Budi mengatakan, bibit vaksin akan mulai dilakukan uji klinis tahap 1 kepada 100 orang, diteruskan dengan uji klinis tahap 2 pada Januari 2022 kepada 400 orang. Dan uji klinis terakhir atau yang ketiga pada Februari 2022 kepada sekitar 1000 orang.

Tak hanya memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, Menkes berharap bibit vaksin Merah Putih ini nantinya bisa dikembangkan untuk memberikan vaksin booster dan vaksin bagi anak-anak usia 5-12 tahun.

''Karena saat ini baru ada satu vaksin yang bisa digunakan untuk anak usia 5-12 tahun. Padahal ada 30 juta anak-anak di Indonesia yang menjadi sasaran penerima vaksin covid-19," terangnya.

Menurutnya, keberhasilan Univeritas Airlangga menemukan vaksin merupakan tonggak sejarah dalam perkembangan sistem kesehatan Indonesia.

Baca juga: Garuda Indonesia Pangkas 97 Rute Penerbangan pada 2022

Pihaknya ingin momentum baik ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sarana dan prasaran terutama fasilitas dan kompetensi pengembangan vaksin.

"Saya berharap Indonesia bisa menguasai teknologi, bukan hanya berbasis dari teknologi virus bukan hanya berbasis teknologi protein rekombinan maupun asam nukleat," ujarnya.

Diketahui, vaksin Merah Putih dikembangkan oleh peneliti Indonesia guna memenuhi kebutuhan vaksin covid-19 di Tanah Air. Pengembangannya turut melibatkan berbagai institusi. (Mg Lisa)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatra Barat (Sumbar) menggelar Vaksinasi Covid-19 secara serentak di 17 kabupaten dan kota
BIN Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 Serentak di 17 Kabupaten dan Kota di Sumbar
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Jemaah haji juga wajib Vaksin Miningitis sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.
Tak Hanya Vaksin Covid-19 dan Tes Swab, Jemaah Haji Juga Wajib Vaksin Miningitis Sebelum Diberangkatkan
Anggota DPR RI: Jangan Politisasi Polemik Formula E dan BUMN
Andre Rosiade: Proyek Vaksin BUMN Jangan Sampai Rugi
Berita terbaru dan terkini hari ini: Pemerintah telah mengizinkan untuk para perantau mudik lebaran tahun ini, harus memenuhi persyaratan.
Mudik Lebaran Tahun Ini Diizinkan, Menkes: Asal Penuhi Syarat yang Ditetapkan
Langgam.id - Pemerintah terus mendorong capaian vaksinasi Covid-19 dosis tiga di seluruh Indonesia sejak Januari 2022.
Capaian Vaksinasi Dosis 3 di Kota Paykumbuh Tertinggi di Sumbar
Berita terbaru dan terkini hari ini: Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan Vaskin Merah Putih suci dan halal untuk digunakan.
MUI Pastikan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal