Usai Buka Liga 2, PSSI Hentikan Kompetisi Sementara

Usai Buka Liga 2, PSSI Hentikan Kompetisi Sementara

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: pssi.org)

Langgam.id - Kompetisi Liga 2 resmi dimulai setelah kick off di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu, 14 Maret 2020. Usai dibuka, PSSI memutuskan menghentikan sementara kompetisi, baik Liga 1 maupun Liga 2.

Keputusan itu diambil setelah digelar rapat Menpora dengan PSSI di ruang VIP stadion, di sela-sela pertandingan antara Persiba melawan Kalteng Putra, Sabtu (14/3/2020).

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Dirut LIB Cucu Sumantri, Direktur Operasional LIB Sujarno, Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra, Komisaris Utama LIB Sonhadji, Komisaris LIB yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani, serta anggota Komite Eksekutif PSSI Dirk Soplanit dan Yunus Nusi.

Pada pertemuan ini diputuskan, pertandingan Liga 1 dan Liga 2 pada Minggu 15 Maret 2020 merupakan yang terakhir, sebelum dihentikan sementara. Aktivitas sepak bola di Indonesia istirahat sementara, terkait maraknya persebaran Virus Corona.

“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, sebagaimana dirilis situs resmi PSSI.

Dengan keluarnya keputusan ini, laga Liga 2 antara Persewar Waropen menjamu Putra Sunan Giri Gresik yang dijadwalkan pada Senin, 16 Maret 2020 di Stadion Cenderawasih Biak, dipastikan ditunda. Demikian pula agenda pelatnas tim nasional di masa jeda kompetisi juga dibatalkan.

“PSSI akan mengganti biaya transportasi maupun akomodasi yang sudah dikeluarkan terkait pertandingan hari Senin di Biak,” kata Iriawan.

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi keputusan bijak PSSI menyikapi perkembangan situasi terkini. “Itu artinya kita memperhatikan serius imbauan dari WHO maupun Kementerian Kesehatan. Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait persebaran Virus Corona ini,” katanya.

Sebelumnya, saat pembukaan Liga 2, Menpora mengapresiasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) atas dimulainya kompetisi sepak bola tepat waktu. Sebelumnya, Liga 1 juga dimulai tepat waktu, pada 29 Februari lalu dari Surabaya.

Pada pembukaan Liga 2, antisipasi virus corona terlihat antara lain dengan tersedianya hand sanitizer di pintu-pintu masuk stadion. Saat turun ke lapangan untuk menyalami para pemain dan perangkat pertandingan, baik Menpora, Ketua Umum PSSI maupun Dirut PT LIB Cucu Sumantri sepakat melakukan ‘salam siku’ sebagai ganti jabat tangan. Menpora Zainudin Amali pun kerap mengenakan masker saat berada di tribun utama dan kala turun ke lapangan untuk melakukan tendangan kehormatan Liga 2.

Pada pertandingan pembuka ini, tuan rumah Persiba meraih tiga poin setelah menang tipis 3-2 atas Kalteng Putra. Gol tim ‘Beruang Madu’ masing-masing diciptakan Yusuf Effendi, Edy Gunawan dan Aji Kusuma, sementara dua gol tim tamu dicetak oleh Syukur Fisabilillah dan Billy Keraf

Dengan demikian juga, pertandingan Semen Padang FC melawan PSPS Riau pada Minggu (15/3/2020) di Pekanbaru, adalah salah satu pertandingan terakhir Liga 2, sebelum penghentian sementara. (*/SS)

 

Baca Juga

Manajemen Semen Padang FC sudah mengumumkan 11 pemain baru guna menghadapi Liga 1 musim 2024/2024. Para pemain baru itu diperkenalkan melalui akun Instagram Semen Padang FC
Semen Padang FC Umumkan 11 Pemain Baru, 8 Rekrutan Asing Bakal Dikontrak
Stadion H Agus Salim menjadi kandang Semen Padang pada Liga 1 2024/2025 nanti. Percepatan renovasi Stadion H Agus Salim dilakukan renovasi
Telan Biaya Capai Puluhan Miliar, Semen Padang FC Percepat Renovasi Stadion H Agus Salim
Dispora Sumbar Tegaskan Komitmen Dukung Semen Padang FC Berkandang di GOR Agus Salim
Dispora Sumbar Tegaskan Komitmen Dukung Semen Padang FC Berkandang di GOR Agus Salim
Jaga Asa Lolos Babak Selanjutnya, Tim U-23 Indonesia tak Boleh Lengah Lawan Yordania
Jaga Asa Lolos Babak Selanjutnya, Tim U-23 Indonesia tak Boleh Lengah Lawan Yordania
Berita terbaru dan terkini hari ini: Teja Paku Alam dinobatkan sebagai kiper terbaik atau the best goal keeper oleh APPI Indonesia 11 2022.
Teja Paku Alam Dilirik Semen Padang FC, Begini Tanggapannya
Sejumlah Nama Beken Masuk Radar Semen Padang FC untuk Berlaga di Liga 1
Sejumlah Nama Beken Masuk Radar Semen Padang FC untuk Berlaga di Liga 1