UPZ Baznas Semen Padang Salurkan 288 Paket Lebaran untuk Dhuafa

UPZ Baznas Semen Padang Salurkan 288 Paket Lebaran untuk Dhuafa

Penyerahan bantuan paket lebaran dari UPZ Baznas Semen Padang. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang menyalurkan sebanyak 288 paket lebaran kepada kaum dhuafa yang tinggal di lingkungan PT Semen Padang.

Bantuan paket lebaran untuk dhuafa tersebut berupa baju koko, kain sarung, mukenah dan sajadah.

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif mengatakan, bantuan paket lebaran ini berasal dari zakat karyawan Semen Padang yang dihimpun UPZ Semen Padang setiap bulannya untuk disalurkan kepada penerima zakat melalui berbagai program zakat.

Bantuan paket lebaran ini merupakan program rutin UPZ Semen Padang setiap bulan Ramadan dengan penerima manfaatnya adalah kaum dhuafa yang ada di ring 1 perusahaan PT Semen Padang, seperti Lubuk Kilangan, Pauh dan Lubeg.

"Semoga, bantuan ini bermanfaat digunakan untuk melaksanakan salat Idul Fitri nanti. Karena, segala sesuatu yang baru sudah menjadi tradisi saat Idul Fitri, termasuk mengenakan baju koko baru, kain sarung baru, dan mukenah baru, serta sajadah baru," kata Muhammad Arif dalam siaran resmi, Senin (10/4/2023).

Muhammad Arif menambahkan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada manajemen Semen Padang, termasuk pengurus dan anggota SPSP yang telah memberikan kepercayaan kepada UPZ Baznas Semen Padang untuk menyalurkan zakat para karyawan.

"Penyaluran zakat karyawan Semen Padang oleh UPZ sudah berlangsung sejak 1995. Artinya, sudah 28 tahun zakat karyawan kami kelola. Hal itu, dimulai sejak dari lembaga Bazis Unit Korpri PT Semen Padang," katanya.

"Kemudian, Bazis Unit Korpri berubah nama menjadi Bazis Semen Padang, lalu berubah nama lagi menjadi Yayasan LAZ Semen Padang. Terakhir pada Desember 2016, berubah lagi menjadi UPZ Baznas Semen Padang," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis mengapresiasi UPZ Baznas Semen Padang yang telah menyalurkan zakat karyawan PT Semen Padang dengan baik dan tepat sasaran.

"Terima kasih UPZ Baznas Semen Padang yang terus menyalurkan zakat karyawan dengan tepat sasaran. Tentunya, hal ini mempermudah karyawan dalam membayarkan zakatnya. Karena, membayar zakat, termasuk zakat penghasilan, merupakan salah satu upaya dalam membersihkan harta dan mensucikan hati," katanya.

Dalam ajaran agama Islam, tambah Iskandar, setiap harta yang dimiliki terdapat hak orang lain di dalamnya, terutama yang membutuhkan. "Jadi, dengan mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki untuk dizakatkan, sama halnya dengan membantu keberlangsungan hidup orang lain yang berhak dan membutuhkan bantuan secara materil," ujarnya.

Terkait bantuan paket Ramadan yang diserahkan UPZ Baznas Semen Padang, salah seorang penerima manfaat bernama Ilis (51) yang tinggal di Blok M Indarung, mengucapkan terima kasih kepada UPZ Baznas Semen Padang atas bantuan mukena dan sajadah yang diterimanya.

"Alhamdulillah, bantuan paket Ramadan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk digunakan saat salat Idul Fitri nanti. Apalagi saat ini, saya juga belum punya sajadah dan mukenah baru. Saya ini kerjanya mulung, jadi berat juga bagi saya untuk membeli yang baru," katanya. (*/FS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

BKSDA Sumbar kembali menerima tiga ekor hewan yang dilindungi dari warga Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.
BKSDA Sumbar Evakuasi 3 Ekor Kucing Hutan yang Ditemukan Warga Padang Pariaman
Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani mengatakan, sampai H-10 pergelaran Penas Tani XVI di Kota Padang, Sumatra Barat
Peserta Masih Minim Mendaftar, 3 Kelurahan di Padang Batal Jadi Lokasi Pemondokan Penas Tani
Menyongsong hari lahir Pancasila 1 Juni 2023, Furqan AMC, Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membekali pemahaman akan Pancasila
Furqan AMC Bekali Pemahaman Pancasila Pada Tim Kerja Nyoman Nuarta Sang Perancang Istana Negara IKN
Menyoal Seleksi Pejabat Eselon Pemerintah Daerah
Menyoal Seleksi Pejabat Eselon Pemerintah Daerah
NDC Unand Kirim 71 Dosen jadi Staf Ahli Nagari
NDC Unand Kirim 71 Dosen jadi Staf Ahli Nagari
Susun Ranperda Perhutanan Sosial, DPRD Sumbar: Agar Hutan Lestari Sekaligus Dorong Ekonomi
Susun Ranperda Perhutanan Sosial, DPRD Sumbar: Agar Hutan Lestari Sekaligus Dorong Ekonomi