Update: 72 Rumah Rusak di Limapuluh Kota Akibat Puting Beliung

Update: 72 Rumah Rusak di Limapuluh Kota Akibat Puting Beliung

Salah satu bangunan Rumah Gadang yang miring akibat angin puting beliung di Kabupaten Limapuluh Kota (Sumber: BPBD Limapuluh Kota)

Langgam.id - Sebanyak 72 unit rumah di Kabupaten Limapuluh Kota, rusak akibat diterjang bencana angin puting beliung yang terjadi Minggu (10/11/2019) sore. Data tersebut bersumber dari laporan sementara Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Limapuluh Kota.

Kepala BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir memastikan peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa. Kerusakan rumah tersebar di beberapa nagari.

Masing-masing, 30 unit rumah di Nagari Andaleh, Kecamatan Luhak. Selain rumah, 7 unit pondok ladang masyarakat juga rusak diterjang angin. Lalu 4 unit kandang ternak juga rusak dan 5 hektare kebun turut rusak di nagari tersebut.

Kemudian, 28 unit rumah rusak di Nagari Mungo, Kecamatan Luhak. Angin puting beliung juga merusak satu unit rumah ibadah, dan satu unit gedung kelompok tani.

"Kemudian di nagari Sungai Kamuyang, ada 1 unit rumah dan di Tanjung Haro Sikabu-kabu 12 unit rumah rusak," katanya dalam keterang tertulis yang diterima langgam.id, Senin (11/11/2019).

Di Nagari Taram, Kecamatan Harau, juga terdapat satu unit rumah rusak. BPBD Limapuluh Kota mengaku telah melakukan kajian cepat dan monitoring wilayah yang terdampak bencana.

"Kami melakukan evakuasi di lokasi kejadian dan pendistribusian bantuan berupa terpal ke beberapa rumah yang terdampak," ujarnya. (Rahmadi/Rajopanawa/RC)

Baca Juga

Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB
Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kabupaten Limapuluh Kota, YR resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai beredar foto tidak senonohnya dengan
Wali Nagari Guguak VIII Koto Mundur Usai Foto Tak Senonohnya Beredar, Bupati Tunjuk Plt
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
Pengurus DPD Partai Golkar Limapuluh Kota berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten di Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan
HUT ke-59, Pengurus DPD Golkar Limapuluh Kota Ziarah ke Makam Pahlawan Situjuah Batua
Bupati Limapuluh Kota Kenalkan Program Basiba Liko Atasi Stunting
Bupati Limapuluh Kota Kenalkan Program Basiba Liko Atasi Stunting