Upayakan Kota Padang Bebas Pungli

Langgam.id - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Padang bertekad untuk mewujudkan Kota Padang Zero Pungli.

Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Satgas Saber Pungli Kota Padang. [Foto: Dok. Humas Pemko Padang]

Langgam.id - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Padang bertekad untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi mereka demi mewujudkan Kota Padang Zero Pungli.

Hal itu mencuat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Satgas Saber Pungli Kota Padang yang dilangsungkan di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kota Padang, Rabu (23/11/2022).

Mewakili Wali Kota, Inspektur Kota Padang, Syuhandra meminta, agar Satgas Saber Pungli Kota Padang terus mengoptimalkan kegiatan pencegahan praktik korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di Kota Padang. Baik di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun di tengah-tengah masyarakat.

"Kita harapkan semua unsur yang tergabung di dalam Tim Satgas Saber Pungli dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Terutama, mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban sekaligus berperan secara maksimal dalam upaya peningkatan efektifitas pemberantasan saber pungli," ujar Syuhandra dikutip dari rilis Humas Pemko Padang, Kamis (24/11/2022).

Lalu, Syuhandra juga mengapreasiasi pelaksanaan rakor tersebut, karena akan dilakukan penyampaian pedoman pelaksanaan lima jenis Standar Operasional Prosedur (SOP) Saber Pungli yang sudah ditetapkan pada 4 Oktober 2022.

"Kelima jenis SOP tersebut, yaitu SOP Kesekretariatan dan Operasional, SOP Operasi Intelijen, SOP Operasi Penindakan, SOP Operasi Yustisi dan SOP Pencegahan. Kita sudah meminta kepada masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) Satgas Saber Pungli untuk dapat memberikan evaluasi SOP dimaksud, untuk dilakukan penyempurnaan," ucapnya.

Kepada para peserta rakor, Syuhandra menegaskan, agar bisa menyampaikan kepada jajaran dan masyarakat terkait kegiatan Saber Pungli.

Baca juga: Kedapatan Pungli di Objek Wisata dan Swalayan, 12 Orang Diserahkan Polisi ke Satpol PP Padang

"Di antaranya, mengedepankan pencegahan melalui sosialisasi, publikasi (baliho dan banner), monitoring dan penetapan SOP. Semoga ASN dan komponen masyarakat memahami bahaya dan hukuman yang diterim jika melakukan pungli atau KKN. Ini semua demi terwujudnya Kota Padang Zero Pungli," tegasnya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Polsek Padang Selatan berhasil mengamankan pelaku pungutan liar (pungli) dengan alasan parkir kepada para penumpang yang akan berangkat
Usai Viral, Pelaku Pungli di Teluk Bayur Diamankan Polisi
Dugaan pungutan liar (pungli) terjadi di kawasan Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Viral Dugaan Pungli di Teluk Bayur, Pelaku Minta Uang Parkir Rp10 Ribu Tanpa Karcis
Pemko Padang sudah memiliki pos pengamanan terpadu dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat selama Natal 2023 dan
Kasatpol PP Padang: Segera Lapor ke 112 atau Pos Pengamanan Jika Ada Pungli
Pabaruak, Film Terpilih Fesbul Bertemakan Kearifan Lokal Minangkabau Diputar di Kota Padang
Pabaruak, Film Terpilih Fesbul Bertemakan Kearifan Lokal Minangkabau Diputar di Kota Padang
Dampak Boikot Produk Terafiliasi Israel, Gerai KFC di Aceh dan Padang Paling Merugi
Dampak Boikot Produk Terafiliasi Israel, Gerai KFC di Aceh dan Padang Paling Merugi
Langgam.id-retribusi makam
4.800 Makam di Kota Padang Menunggak Retribusi