Upaya Pessel Cegah Meluasnya Abrasi Pantai

Abrasi Pantai Pessel

Abrasi Pantai Pessel

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, terus berupaya mencegah pengikisan pantai oleh air laut dengan membangun pemecah ombak agar abrasi tidak lagi meluas di sepanjang pantai daerah itu.

"Abrasi tidak dapat terhindarkan, bahkan setiap tahunnya bibir pantai terus mendekati permukiman warga akibat mengalami pengikisan," Kata Kepala Dinas PSDA Kabupaten Pesisir Selatan melalui Sekretaris Sukma Roni, dikutip langgam.id Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, masalah abrasi di Pesisir Selatan memang menjadi momok yang serius dan harus segera diatasi, agar nantinya warga pesisir tidak merasa was-was.

"Memang sudah ada beberapa yang telah terbangun pemecah ombak, tetapi masih belum menyeluruh," katanya.

Ada beberapa titik abrasi yang memang belum tertangani, dalam hal ini pihaknya akan terus berupaya dan berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu, Balai Wilayah Sumatera (BWS) V guna membantu pencegahan abrasi yang meluas setiap tahunnya.

“Kami telah mengajukan proposal kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) V, untuk membantu pembuatan pemecah ombak pada beberapa titik di wilayah Pesisir Selatan. Kami harapkan, hal tersebut nantinya dapat disetujui,” katanya.

Menurutnya, pemecah ombak dibutuhkan untuk mengatasi abrasi di beberapa titik, terutama yang dekat dengan pemukiman masyarakat. (HF)

Baca Juga

Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Sebanyak 122 wali nagari di Pesisir Selatan diperpanjang masa jabatannya menjadi 8 tahun. Pengukuhan ke-122 wali Bupati Pesisir Selatan,
122 Wali Nagari di Pesisir Selatan Diperpanjang Masa Jabatannya Jadi 8 Tahun
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki