Ungkap Maktab VIP Berantakan, Andre Rosiade: Cek Asosiasi Travel Haji Indonesia!

InfoLanggam - Persoalan tenda tidak hanya terjadi pada jemaah haji reguler. Jemaah haji yang berangkat lewat jalur furoda VIP juga terpaksa tidur di lorong karena tidak mendapatkan tempat tidur.

Hal ini diungkap oleh Andre Rosiade, jemaah furoda yang juga anggota Komisi VI DPR-RI Fraksi Partai Gerindra. Di Mina, Andre Rosiade menempati tenda VIP di Maktab 115.

"Maktab VIP 115 berantakan. Pertama, banyak jemaah telantar, nggak dapat sesuai haknya, tempatnya di tenda karena overload. Banyak (jemaah) yang tidur di lorong luar tenda," kata Andre Rosiade kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).

Selain tidak mendapatkan tenda, Andre Rosiade mendapati antrean jemaah di toilet yang cukup panjang hingga berjam-jam. “Maktab 115 itu, antara orang dengan WC nggak manusiawi jumlahnya. Bahkan, sebelum Subuh, itu jemaah bisa antre 2 jam masuk ke toilet," tuturnya.

Andre tidak mengetahui pasti apa penyebab tendanya itu melebihi kapasitas yang seharusnya. Andre Rosiade mendorong pemerintah berkoordinasi dengan otoritas Arab Saudi memeriksa pengelola maktab untuk mengetahui persoalan apa yang terjadi.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat itu juga meminta Kementerian Agama (Kemenag) RI memeriksa pihak asosiasi travel haji Indonesia.

"Overload penyebabnya apa, nah kita minta Menag berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memeriksa itu pengelola Maktab 115 dan cek asosiasi travel haji Indonesia," katanya.

"Kenapa ini bermasalah? Udah nggak dapat haknya, tempat tidurnya nggak dapat, lalu WC-nya jarang banget," tambahnya.

Andre Rosiade mengatakan jemaah furoda khusus tidak mendapatkan fasilitas sesuai haknya, padahal sudah mengeluarkan biaya yang mahal. “Banyak jemaah yang ngemper di luar, kan mereka ini jemaah VIP, bayar lebih mahal dari jemaah ONH Plus," ucapnya.

Ia kembali mendesak pemerintah berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memeriksa lebih lanjut terkait karut-marut tenda jemaah ini.

"Ini perlu dibantu pemerintah untuk dievaluasi dengan pemerintah Saudi untuk memeriksa pengelola maktab dan asosiasi travel kita yang bekerja sama untuk pembagian wilayah di 115 itu," sebutnya. (*)

Baca Juga

Penasihat Tim Semen Padang Football Club, Andre Rosiade mengungkapkan bahwa manajemen sangat berkomitmen agar klub sepakbola Sumbar itu bisa
7 Pemain Asing Sudah Hadir, Andre Rosiade: Semen Padang FC Komit Bersaing di Liga 1
Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Andre Rosiade: Mahyeldi-Vasko Tepat untuk Sumbar dan Akan Memenangkan Pilkada
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade mengajak seluruh masyarakat di Sumatra Barat untuk hadir melakukan PSU
PSU DPD RI, Andre Rosiade Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Ustaz Jelita Donal
Ketua DPW Sawitku Masa Depanku (Samade) Sumbar Junaindra Sumawan mendukung usulan Anggota DPR RI Andre Rosiade yang meminta PTPN
Usulan Andre Rosiade Minta PTPN Segerakan Peremajaan Sawit di Sumbar Didukung Samade
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Anggota Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meyakini, pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran
Andre Rosiade: Prabowo dan Gibran Akan Buat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi Lebih Baik