UNAND-UMPSA Perkuat Kerjasama Bidang Riset dan Kerjasama Internasional

UNAND-UMPSA Perkuat Kerjasama Bidang Riset dan Kerjasama Internasional

UNAND jalin kerjasama dengan UMPSA Malaysia. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Dalam rangka mempererat hubungan kerja sama riset dan kolaborasi internasional, Universiti Malaysia Pahang Sultan Abdullah (UMPSA) menyambangi Universitas Andalas pada Rabu (4/10/2023) untuk sekaligus melaksanakan penandatanganan nota-kesepahaman (MoU) yang dilangsungkan di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Andalas Kampus Limau Manis.

Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) YBhg Tan Sri Dato’ Sri Dr. Abdul Aziz bin Abdul Rahman menjelaskan, UMPSA dan Universitas Andalas sudah pernah melakukan kerja sama. Lebih lanjut, ia menjelaskan, kunjungan UMPSA kali ini adalah untuk memperkuat dan melebarkan kerja sama kedua institusi.

“Kunjungan kami kali ini ke Universitas Andalas sebenarnya adalah dalam rangka untuk memperkuat kerja sama dan melakukan juga dalam rangka melakukan perjalanan untuk mencari silsilah persaudaraan antara Pahang dengan Kampar dan Minangkabau,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Ia mengatakan tujuan ke Sumbar adalah mencari silsilah kekerabatan, budaya dan ilmunya dan berharap UNAND dan UMPSA bisa melakukan kerja sama dalam hal-hal yang berkaitan dengan industri.

Dengan kunjungan ini, ia berharap adanya peningkatan silaturahmi antara kedua belah pihak. Kerja sama ini hendaknya akan memberi dampak bagi perubahan di ASEAN.

Wakil Rektor I UNAND Prof. Mansyurdin menyampaikan saat ini Universitas Andalas tengah melakukan peningkatan dalam beberapa indikator penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) seperti international staff, international student, research, dan indikator penilaian lainnya.

“Kita selalu berupaya untuk meningkatkan indikator penilaian yang diminta oleh QS dan THE, dimana saat ini, Universitas Andalas punya program EQUITY yang dikoordinatori oleh Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra, M. Soc," ujarnya.

Menurutnya, kerja sama menjadi langkah strategis yang dapat dilakukan Universitas Andalas untuk menuju universitas kelas dunia.

Lebih lanjut, Prof. Mansyur mengatakan ada dua (2) fakultas di Universitas Andalas yang sudah mulai menggagas program double degree yakni Fakultas Teknik dengan Prince of Songkla University (PSU) dan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) dengan Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah.

 “Kami berharap dengan kehadiran UMPSA ke Universitas Andalas ada banyak program yang bisa diperluas dan dikolaborasikan dengan fakultas-fakultas lain,” terangnya yang juga didampingi oleh Wakil Rektor IV.

Dr. Eng. Muhammad Makky, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset mengatakan, ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan antara Universitas Andalas dan UMPSA meliputi kolaborasi riset (joint research, joint collaboration, join publication, dan joint application for research grand).

Lalu, kolaborasi akademik (berpartisipasi dalam kegiatan seminar dan berbagai pertemuan akademik, supervisi bersama, pertukaran materi akademik dan informasi yang relevan, pertukaran mahasiswa dan pertukaran staf), program akademik jangka pendek untuk mahasiswa strata satu (S-1).

Adapun perwakilan UMPSA yang datang ke Universitas Andalas Tan Sri Dato’ Sri Dr. Abdul Aziz bin Abdul Rahman, Assoc. Prof. Dr. Hasan bin Ahmad, Dr. Abdul Kamil bin Jamaludin, Dr. Ahmad bin Ibrahim, Roslan bin Madun, dan Muhammad Hafiz Aswad bin Ahmad Kamal. UMPSA juga turut memboyong 10 orang mahasiswanya dalam kunjungan ini. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Promosikan Start Up Never Give Up, Ricky Yanuarfi: Film Ini Selaras dengan Tujuan BNN RI
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan