UNAND Terima Mahasiswa Baru Lewat Jalur Pramuka Berprestasi

UNAND Terima Mahasiswa Baru Lewat Jalur Pramuka Berprestasi

Universitas Andalas jalin kerjasama dengan Pramuka Kwartir Sumbar. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id – Universitas Andalas (UNAND) membuka peluang bagi para Pramuka berprestasi di Sumatera Barat untuk menempuh pendidikan tinggi melalui jalur prestasi non-akademik. Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara UNAND dan Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat.

Wakil Rektor I UNAND Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng., mewakili Rektor, menandatangani perjanjian tersebut bersama Ketua Kwartir 03 Daerah Sumatra Barat, Dr. Ir. Audy Joinaldy.

Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung lahirnya sumber daya manusia (SDM) unggul, sejalan dengan transformasi Gerakan Pramuka yang menuntut terciptanya SDM profesional.

"Kerja sama ini membuka lebih banyak kesempatan bagi anak-anak berprestasi di bidang pramuka untuk menempuh pendidikan tinggi terbaik," ujar Audy dikutip Kamis (7/3/2024).

Peningkatan prestasi pramuka di Sumatera Barat menjadi landasan utama terjalinnya kerjasama ini. UNAND, UIN Imam Bonjol, dan UNP menjadi pelopor dalam memberikan kesempatan bagi para Pramuka berprestasi.

"Sehubungan dengan meningkatnya prestasi anak-anak pramuka di Sumatera Barat, maka kerja sama ini diadakan untuk mendukung mereka memasuki universitas dengan jalur prestasi dari kegiatan Pramuka," jelas Dr. Ir. Audy Joinaldy.

Penandatanganan kerjasama ini menjadi bagian dari pembukaan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat tahun 2024 dengan tema "Transformasi Gerakan Pramuka Untuk Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional".

Audy Joinaldy berharap RAKERDA ini melahirkan ide-ide cemerlang untuk mengembangkan Gerakan Pramuka Sumatera Barat, meningkatkan prestasi di tingkat nasional, dan membawa Sumatera Barat ke liga nasional.

"Sumatera Barat tergiat 2 di Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka se-Sumatra tahun ini, tahun depan kita harus bisa masuk 3 besar liga nasional," ungkapnya.

Audy Joinaldy juga mengapresiasi respon positif dari UNAND, UIN Imam Bonjol, dan UNP dalam menjalin kerjasama ini. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan