Unand Serahkan KIP Kuliah 2022 Kepada 1.344 Mahasiswa

Unand Serahkan KIP Kuliah 2022 Kepada 1.344 Mahasiswa

Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH. MH didampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Mansyurdin, MS menyerahkan KIP Kuliah 2022 kepada 1.344 mahasiswa Unand. [Foto: Dok Humas Unand]

Langgam.id - Universitas Andalas (Unand) menyerahkan program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2022 kepada 1.344 mahasiswa yang berhasil mendapatkan program tersebut.

Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH. MH mengatakan penerima KIP Kuliah merupakan insan terbaik karena persaingan sesama mahasiswa pengusul beasiswa KIP Kuliah dan Afirmasi Pendidikan (ADik) Unand tahun 2022 yang juga ketat.

"Oleh karena itu seharusnya anak – anakku selalu bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia yang telah diterima. Semoga keberhasilan tersebut menjadi kemenangan dan motivasi awal bagi ananda semua untuk mulai menghadapi dan memenangkan persaingan berikutnya dalam meraih cita-cita dan memenuhi doa dan harapan orang tua untuk menuntut ilmu dan merajut masa depan di Universitas Andalas," katanya, Senin (31/10/2022).

Yuliandri menyebutkan beasiswa KIP Kuliah merupakan wujud nyata keberpihakan pemerintah dan Unand kepada mahasiswa dari keluarga miskin dan rentan miskin agar dapat mengubah kehidupan dan perekonomian keluarga ketika lulus nantinya.

Rektor berpesan agar penerima beasiswa memanfaatkan semua fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dan Unand mulai dari pembebasan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), biaya hidup maupun fasilitas yang tersedia seperti asrama mahasiswa, laboratorium, perpustakaan, pusat bahasa, sarana olah raga, sarana ibadah serta fasilitas lainnya.

Negara, kata Yuliandri, telah memberikan perhatian khusus kepada para penerima beasiswa dan seyogyanya para mahasiswa juga dapat memberikan kompensasi berupa prestasi akademik maupun non akademik hingga lulus tepat waktu.

"Juga aktif berorganisasi, mempunyai kemampuan bahasa asing dan mempunyai bekal kemampuan beradaptasi dengan teknologi dan informasi, agar ketika lulus ketika mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain," ujarnya.

Rektor juga berpesan agar pimpinan fakultas selalu memberikan motivasi dan arahan serta pengawasan terhadap keberlangsungan perkuliahan mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Selain itu, Yuliandri juga meminta orang tua mahasiswa untuk ikut memotivasi dan mengawasi anaknya sehingga memiliki prestasi yang bagus di bangku kuliah. Selain itu, rektor juga mengapresiasi Bank Mandiri yang berkontribusi menyalurkan KIP Kuliah 2022.

Direktur Kemahasiswaan Unand Khandra Fahmy menyebutkan dari 1.344 mahasiswa penerima KIP Kuliah 2022 terdiri atas 1.301 orang penerima KIP Kuliah reguler, empat mahasiswa penerima KIP Kuliah usulan.

Kemudian terdapat 33 orang penerima beasiswa afirmasi pendidikan tinggi (ADik) daerah terdepan, tertinggal dan terluar serta 6 mahasiswa penerima ADik Papua dan Papua Barat.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah tersebut berasal dari 82 kabupaten dan kota di Indonesia tersebar di 16 provinsi dan penerima beasiswa ADik dari 30 kabupaten dan kota di 10 provinsi.

"Para mahasiswa penerima KIP Kuliah selain dapat keringanan tidak perlu membayar SPP juga mendapatkan bantuan biaya hidup yang ditransfer ke rekening masing-masing," katanya.

Dapatkan update berita Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Universitas Andalas (UNAND) menerima sebanyak 7.505 mahasiswa baru untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) pada tahun ini.
11 Prodi di UNAND dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBP 2024
Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) masuk 10 kampus terbaik di Sumatra versi Webometrics 2024.
Berikut 10 Kampus Terbaik di Sumatra Versi Webometrics 2024, Dua Ada di Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Rektor UNAND Lantik Sekretaris Universitas dan Sejumlah Pejabat
Rektor UNAND Lantik Sekretaris Universitas dan Sejumlah Pejabat
Rektor Lantik Komandan Baru Resimen Mahasiswa UNAND
Rektor Lantik Komandan Baru Resimen Mahasiswa UNAND