UIN Imam Bonjol Padang Gelar Pelatihan Enterpreneurship

UIN Imam Bonjol Padang Gelar Pelatihan Enterpreneurship

Peserta pelatihan enterpreneurship yang diadakan UIN Imam Bonjol Padang bersama narasumber. [Foto: Panitia]

Langgam.id - Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN Imam Bonjol Padang menggelar pelatihan enterpreneurship untuk organisasi mahasiswa. Kegiatan bertajuk 'Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Menuju Generasi Emas' itu berlangsung di Aula Mansur Kampus 2, Kamis-Jumat (8-9/12/2022).

Pelatihan yang diikuti oleh utusan mahasiswa semester 1 sampai semester 5 dari masing-masing Fakultas di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Welhendri Azwar.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III mengajak mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang untuk memiliki keberanian dan kreativitas dalam menumbuhkan jiwa wirausaha sereta menjadikan dunia kewirausahaan sebagai pilihan dalam menjalani hidup.

Dia juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa, calon pengusaha muda agar mulai berwirausaha, sehingga terlahir kaum intelektual muslim mandiri dan entrepreneur muslim sejati.

Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Elizawaty (Bunda Een Reefan) seorang pengusaha sukses diberbagai bidang di Sumbar. Materi yang disuguhkan menumbuhkan minat wirausaha dan merintis wirausaha.

Dia mengatakan untuk menjadi orang sukses dalam berbisnis harus memiliki kemauan yang tinggi, sungguh-sungguh, pantang menyerah, terus belajar dari kegagalan.

"Yang menyebabkan tidak sukses itu malu, manja, gengsi. Hilangkan semuanya, berani memulai dan mencoba jauh lebih penting daripada tidak sama sekali untuk menjadi pengusaha sukses," katanya.

Mahasiswa disarankan merintis bisnis sejak dini agar setelah selesai kuliah sudah mantap berwirausaha dengan memiliki penghasilan sendiri, bukan dari orang tua. Untuk itu, dibutuhkan keberanian dalam mengasah bakat dan minatnya.

"Hingga berani menjalankan usahanya. Walapun gagal, bangkit dari kegagalan," tuturnya.

Bunda Een Reefan berpesan, mulailah berwirausaha itu dari yang kecil-kecil. Jika dapat uang dari orang tua Rp 100 ribu, bagaimana memikirkan uang itu menjadi dua kali lipat, yaitu dengan berwirausaha.

Baca Juga: Hari Kedua Wisuda ke-88, UIN IB Padang Nobatkan 10 Mahasiswa Lulusan Terbaik dan Bintang Aktivis Kampus

"Ambil contoh dari produk-produk yang sudah ada. Olah menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi dengan kreasi yang lebih menarik," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Yayasan Al Hasanah Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) dan MA Al Hasanah Bengkulu Tengah melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.
SMA IT dan MA Al Hasanah Bengkulu Kunjungi UIN IB Padang
Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd menghadiri AICIS ke-21 tahun 2022 di Bali.
Rektor UIN IB Padang Hadiri AICIS XXI di Bali 
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar Stadium General bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.
UIN IB Padang Laksanakan Stadium General Bersama Satgas Penanganan Covid-19
UIN Imam Bonjol Padang terima kunjungan MAS Al-Kautsar Muhammadiyah, Limapuluh Kota, Senin (7/11/2022). Sebanyak 8 orang guru,
UIN IB Padang Terima Kunjungan MAS Al Kautsar Muhammadiyah Limapuluh Kota
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melakukan kegiatan evaluasi layanan akademik,
LPM UIN IB Padang Evaluasi Pelayanan Akademik, Fakultas dan Prodi
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 dengan khidmat yang diikuti
UIN IB Padang Peringati Hari Pahlawan, Rektor: Semangat Pahlawan Teladan Menyongsong Masa Depan