Toyota Targetkan Kuasai 60 Persen Pasar MPV di Sumbar

Toyota Targetkan Kuasai 60 Persen Pasar MPV di Sumbar

Toyota All New Veloz dan All New Avanza. (Foto: auto2000)

Langgam.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek Toyota di Indonesia menargetkan penguasaan pasar hingga 60 persen di Sumatra Barat untuk jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) menyusul diluncurkannya Toyota All New Avanza dan All New Veloz.

Kepala Cabang Toyota Intercom Padang Tjen Immanuel mengatakan sejauh ini pasar MPV di Sumbar masih didominasi produk Toyota dengan marketshare 53,8 persen. Dengan resminya peluncuran low MPV Avanza dan Veloz 2021, ia meyakini akan memperkuat penguasaan pasar segmen MPV di Sumbar.

"Target kita untuk segmen MPV marketshare bisa mencapai 60 persen, apalagi dengan sudah diluncurkannya All New Avanza dan All New Veloz," katanya, Jumat (12/11/2021) lalu.

Selain dua produk itu, Avanza dan Veloz yang kini dipisahkan serta dibuat berbeda, Toyota juga menyediakan low MPV di kelas LCGC yaitu Toyota Calya, serta Toyota Innova di kelas medium MPV dan Toyota Alphard dan Vellfire di segmen premium MPV.

Secara umum, Toyota bahkan menguasai marketshare otomotif di Sumbar hingga mencapai 36,3 persen. Selama 2021, penjualan Toyota melalui dealer resmi Auto2000 dan Intercom mencapai 1.060 unit dengan 20 persennya adalah dari segmen low MPV.

Kepala Cabang Auto2000 Khatib Sulaiman Cevano mengatakan All New Avanza dan All New Veloz mengalami perubahan signifikan kali ini. Produk baru tersebut dikembangkan dari platform baru, sehingga diharapkan memberikan sensasi dan rasa berkendara berbeda kepada konsumennya.

"Semuanya mengalami perubahan signifikan. Mulai dari desain, fitur-fitur keselamatan terbaru yang jauh lebih canggih, dan lebih stylish," katanya.

TAM melakukan perubahan signifikan terhadap Toyota Avanza yang selama ini dikenal sebagai mobil sejuta umat, serta memisahkannya dengan Veloz. Kini Veloz menjadi brand tersendiri tanpa emblem Avanza dan jauh lebih gagah.

“Sebagai model yang serba baru, Toyota mengambil tantangan untuk mencoba  sesuatu yang baru dalam pengembangan All New Avanza. Salah satunya adalah transformasi platform full engine-front wheel drive yang benar-benar baru,” katanya.

Menurutnya, platform full engine-front wheel drive dikombinasikan dengan new comfortable suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper memungkinkan insinyur Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan.

Alhasil, katanya, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima, serta diperkuat dimensi bodi mobil yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

Avanza kini disematkan dengan fitur keselamatan terdepan seperti vehicle stability control dan hill start assist dan diperkuat dengan anti-lock braking system (ABS), electronic fitur brake distribution (EBD) dan brake assist (BA).

Selain itu, dilengkapi enam airbags, serta fitur rear crossing traffic alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur blind spot monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Avanza.

Ia mengatakan Avanza tipe 1,5 G sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS), fitur ini juga disematkan pada Toyota Veloz 1,5 Q CVT non premium color dan Veloz 1,5 Q CVT premium color.

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Komunitas Parami Indonesia Ingin Jadi Duta Keselamatan Berlalu Lintas
Komunitas Parami Indonesia Ingin Jadi Duta Keselamatan Berlalu Lintas
Tips Perawatan Mobil Usai Mudik dari MG Motor Indonesia
Tips Perawatan Mobil Usai Mudik dari MG Motor Indonesia
Nunggu 3 Tahun, Inden Land Cruiser di Sumbar Sudah 10 Unit
Nunggu 3 Tahun, Inden Land Cruiser di Sumbar Sudah 10 Unit
Lebih Bertenaga, Toyota New Fortuner 2022 Resmi Mengaspal di Sumbar
Lebih Bertenaga, Toyota New Fortuner 2022 Resmi Mengaspal di Sumbar
Kebijakan PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil di Masa Pandemi
Kebijakan PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil di Masa Pandemi
Resmi Mengaspal di Sumbar, Berikut Harga Toyota Avanza dan Veloz Terbaru
Resmi Mengaspal di Sumbar, Berikut Harga Toyota Avanza dan Veloz Terbaru