Tips Memilih Jurusan Kuliah, Antara Passion dan Keinginan Orang Tua

jurusan kuliah, kuliah

Ilustrasi Kuliah (pixabay.com)

Langgam.id - Pemerintah segera menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (UTBK-SBMPTN). Calon peserta ujian terlebih dalu harus mendaftar dan membuka akun di LTMPT. Pertanyaan berikutnya, bagaimana tips memilih jurusan kuliah?

Memilih jurusan kuliah bukanlah perkara gampang. Memilih di jurusan apa kuliah, adalah saat dimana calon mahasiswa merasa gamang menentukan masa depannya. Pertimbangan itu bermacam-macam seperti apakah jurusan kuliah yang diambil, apakah sudah sesuai dengan passion, hingga prospek kerja dari jurusan yang dipilih.

Permasalahan memilih jurusan kuliah tidak berhenti disitu saja, sebab masih ada permasalah pribadi yang sering dijumpai. Biasanya muncul pertanyaan apakah seorang introvert bisa berkuliah di jurusan A? Kalau tidak bisa apakah harus ke jurusan B?, belum lagi kemauan antara orang tua dan anak yang berbeda. Inilah pentingnya mengenali passion dalam diri kita agar tak berlarut-larut dalam kegundahan.

Baca juga: Segera Daftar, Registasi Akun SBMPTN Ditutup 12 Maret 2021

Ketika siswa menginjak masa-masa transisi dari SMA atau sederajat ke jenjang perkuliahan banyak dijumpai siswa yang belum mengenali passion-nya sendiri. Akibatnya mereka cenderung memilih jurusan sesuai seperti yang diminta orang tua atau sekadar mengikuti teman-temannya.

Memilih jurusan kuliah yang diminta orang tua bukan suatu kesalahan, namun siswa perlu mendiskusi hal apa yang disukai siswa dan prospek seperti apa yang ingin dicapai.

Seperti dilansir dari Tempo.co Lutvianto Pebri Handoko (CEO Akupintar) mengtakan, 87 persen mahasiswa merasa salah jurusan dan 71,7 persen pekerja tidak melakukan pekerja sesuai dengan linear yang mereka pelajari sebelumnya.

Menurut Pebri banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, seperti merasa salah jurusan karena ikut-ikutan teman, cita-cita masa kecil, asumsi jurusan terhadap prospek kerja yang akan didapat, gengsi dalam memilih jurusan, serta salah pilih jurusan yang dipengaruhi saran orang tua—tanpa mendiskusikan diantara kedua belah pihak.

Banyak cara untuk mengenali potensi diri yang dimiliki seperti, memilih jurusan kuliah yang akan memotivasi diri. Motivasi akan memacu diri untuk tetap semangat menghadapi perkuliahan, sebab kita sudah memilih resiko yang akan dihadapi.

Memilih role model juga menjadi cara ampuh untuk tips memilih jurusan kuliah. Hal ini dikarenakan kita punya referensi seseorang yang tentunya dilihat dari kecerdasan atau daya kreatifitasnya. Selain itu kita juga bisa mengenali potensi diri dengan kenali keunikan diri dan bertanya kepada orang terdekat.(*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling
Anak sekolah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk .
Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak
Perhitungan waktu tidur
Perhitungan Waktu Tidur Ini Dapat Digunakan Agar Segar Ketika Bangun Pagi
mengatasi hidung tersumbat
Ini Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat
memanfaatkan digital marketing
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Content Writer dan Content Creator