Tips Membalas Email Saat Mendapat Undangan Wawancara Kerja

tips membalas email

Ilustrasi. [pixel - langgam.id]

Banyak orang yang akan merasa bingung ketika hendak membalas email dari perusahaan yang mengundang untuk melakukan wawancara kerja

Langgam.id - Semenjak pandemi melanda tanah air, tentunya banyak perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan meminta mereka untuk mengirimkan berkas melalui email.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi semakin parahnya Virus Covid-19 di tanah air. Sehingga semua hal harus diperhitungkan dengan baik dan bijak.

Nah, khususnya bagi seorang pelamar, tentunya juga memiliki etika yang harus mereka terapkan saat mendapatkan email dari perusahaan tersebut. Entah itu menerima tawaran untuk wawancara kerja ataupun menolaknya.

Baca juga: 5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dikatakan Saat Wawancara Kerja

Berikut ini tips yang bisa diterapkan saat membalas email dari perusahaan agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan kerugian untuk diri sendiri.

Bisa Hadir

Saat mendapat email dari pihak perusahaan yang meminta untuk melakukan tes wawancara di perusahaannya, sebaiknya berilah balasan yang tepat untuk mereka.

Jika tidak ada halangan untuk hadir dalam proses wawancara tersebut, awali dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk kamu sehingga bisa diundang untuk melakukan tes wawancara.

Setelah itu, jelaskan bahwa kamu siap untuk menghadiri undangan tersebut dan jangan lupa untuk menyebutkan kembali tanggal wawancaranya

Meminta Ganti Jadwal

Saat diminta untuk melakukan wawancara di waktu yang tidak tepat, tentunya kamu sangat mengharapkan mereka bisa menerima dan mengatur kembali jadwal wawancara tersebut.

Untuk itu, cobalah awali dengan permintaan maaf terkait prosesi wawancara tersebut, dan juga sebutkan alasan pasti yang membuat kamu tidak bisa hadir dalam wawancara tersebut.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan tanggal pilihan kamu dalam email tersebut, agar mereka juga bisa mempertimbangkan keputusan kamu.

Tidak Bisa Hadir

Saat mendapatkan email terkait undangan wawancara kerja, namun kamu benar benar tidak bisa datang untuk melakukan prosesi tersebut karena suatu hal, sebaiknya tetaplah membalas email itu dengan sopan.

Baca juga: Tidak Percaya Diri Karena Bau Badan, Atasi dengan Tiga Bahan Alami Ini

Caranya pun mudah, yakni dengan mengawali dengan permintaan maaf terkait tidak bisa hadir dalam proses wawancara dan juga jangan lupa untuk menjelaskan alasan yang jelas. Dan juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan.

Itulah tips yang bisa diterapkan saat membalas email dari perusahaan agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan kerugian untuk diri sendiri.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling
Anak sekolah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk .
Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak
Perhitungan waktu tidur
Perhitungan Waktu Tidur Ini Dapat Digunakan Agar Segar Ketika Bangun Pagi
mengatasi hidung tersumbat
Ini Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat
memanfaatkan digital marketing
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Content Writer dan Content Creator