Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padang Gandeng Ormas dan OKP

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padang Gandeng Ormas dan OKP

Gubernur Mahyeldi memberikan hak suara di TPS 12 Jati Baru, Padang pada Pemilu 14 Februari 2024. (Foto: Adp Sumbar)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP) untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan serentak kepala daerah 27 November mendatang.

KPU menggelar sosialisasi bersama Ormas dan OKP di seluruh Kota Padang di Hotel Pangeran Beach, beberapa waktu lalu. Acara bertajuk "Sigi Peran Ormas dan OKP" ini digelar dalam upaya menggalang partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi Pilkada Padang yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Padang Dorri Putra mengatakan, ormas dan OKP merupakan mitra yang sangat penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Ia menyebutkan ormas dan OKP memiliki pengaruh besar dalam memobilisasi massa untuk menggunakan hak pilihnya nanti.

“Ormas dan OKP merupakan tokoh-tokoh penting yang bisa memobilisasi massa untuk mencoblos nantinya. Sehingga pesan tentang Pilkada bisa lebih efektif tersampaikan,” tuturnya, dikutip dari Infopublik, Jumat (7/6/2024).

Ia berharap ormas dan OKP bisa menjadi mitra KPU dalam menjangkau pemilih. Sehingga partisipasi pemilih di Pilkada 2024 nanti bisa lebih dari Pemilu 2024 lalu.

Ia mengungkapkan pada Pemilu 2024 lalu, partisipasi pemilih cukup tinggi, hampir mencapai 80 persen.

“Kami berharap tren peningkatan partisipasi pemilih di Pemilu 2024 lalu, juga dapat berefek pada Pilkada nanti,” harapnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Komisioner KPU Padang Arset Kusnadi, Jefrie Ariyanto dan Randy Ary Tama, serta Kasubag Umum KPU Padang Iwan Perdana dan jajarannya. (*/Fs)

Baca Juga

KPU Kota Padang Buka Lowongan 2.854 Formasi Petugas Pantarlih, Berikut Jadwal Pendaftarannya
KPU Kota Padang Buka Lowongan 2.854 Formasi Petugas Pantarlih, Berikut Jadwal Pendaftarannya
Gagasan mencari kepala daerah yang dapat melobi pemerintah pusat merupakan gagasan demokrasi yang sesat, atau defisit demokrasi kata ilmuan
Antara Kehendak Rakyat dan Kehendak Pusat
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dimulai 7-20 Mei 2024.
Gerinda Sumbar Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah
Sebanyak 45 anggota DPRD Padang terpilih pada Pemilu 2024 sudah ditetapkan oleh KPU Kota Padang. 45 Anggota DPRD Kota Padang terpilih
Daftar Nama 45 Anggota DPRD Kota Padang Terpilih 2024-2025
Ketua KPU Agam, Herman Susilo mengatakan, ada sebanyak delapan desainer ambil bagian lomba desain maskot Pemilihan Kepala Daerah Pilkada
Lomba Desain Maskot Pilkada Agam Diikuti 8 Desainer, Pemenang Diumumkan 5 Mei
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024