Tingkatkan Literasi Matematika, Dosen UNP Pengabdian di SMAN 15 Padang

Tingkatkan Literasi Matematika, Dosen UNP Pengabdian di SMAN 15 Padang

Pengabdian masyarakat Departemen Matematika UNP. (Foto: Dok. Matematika UNP)

Langgam.id Dalam semangat pengabdian masyarakat, para dosen dari Departemen Matematika dan Departemen Statistika Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi matematika di kalangan guru SMA.

Program pengabdian masyarakat dengan judul “Peningkatan Kompetensi dan Pemahaman Penalaran Matematika yang Mendukung Kemampuan Literasi Matematika bagi Guru Matematika SMAN 15 Kota Padang di Kecamatan Pauh, Kota Padang” dilaksanakan dari tanggal 31 Juli 2023 hingga 4 September 2023 di SMAN 15 Kota Padang.

Program ini dirancang untuk memberdayakan pendidik, memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan terbaru dan metode pengajaran inovatif untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa mereka.

Dalam kerjasama dengan Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Kota Padang (SMAN 15), tim dosen matematika dan statistika UNP yang diketuai Rara Sandhy Winanda, S.Pd., M.Sc. dengan anggota pengabdian Trysa Gustia Manda, M.Pd., dan Zilrahmi, S.Pd., M.Si menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan lokakarya.

"Pelatihan ini melibatkan topik-topik mutakhir dalam pendidikan matematika serta teknik pengajaran terbaik yang telah terbukti efektif," kata Rara, Jumat (29/9/2023).

Guru-guru SMAN 15 Padang terlibat dalam sesi diskusi mendalam, bertukar pengalaman, dan mendapatkan akses langsung ke sumber daya pendidikan terkini.

Salah satu tujuan utama dari program pengabdian masyarakat ini adalah memperkuat keterampilan pengajaran guru-guru, memungkinkan mereka merancang pembelajaran yang menarik dan interaktif.

"Kami percaya bahwa memberdayakan guru dengan pengetahuan terkini dan strategi pengajaran yang efektif adalah kunci keberhasilan pendidikan matematika di sekolah. Guru yang terdidik dengan baik akan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik kepada siswa mereka," ujar Rara, Ketua Program Pengabdian Masyarakat ini.

Program ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Kepala SMAN 15 Padang Gusnaldi, M.Pd. menyatakan, program ini memberikan dorongan besar untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah.

"Kami berterima kasih kepada para dosen matematika UNP atas kontribusi berharga mereka dalam mengembangkan kompetensi para pendidik kami," ujarnya.

Para guru juga mengungkapkan apresiasi mereka terhadap pelatihan ini. Mereka merasa lebih percaya diri dalam mengajar materi-materi matematika yang kompleks, dan telah merencanakan untuk menerapkan teknik-teknik baru yang mereka pelajari dalam pembelajaran sehari-hari mereka.

Proyek pengabdian masyarakat ini bukan hanya menguntungkan guru-guru, tetapi juga memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan matematika di SMAN 15.

Harapannya, dengan guru-guru yang lebih terampil dan terdidik, siswa-siswa akan mendapatkan pembelajaran matematika yang lebih baik, membuka pintu menuju pemahaman yang mendalam dan kesuksesan di masa depan. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

UNP dan Pemkab Mentawai Inisiasi Pembukaan Prodi Baru Tingkatkan SDM Daerah
UNP dan Pemkab Mentawai Inisiasi Pembukaan Prodi Baru Tingkatkan SDM Daerah
Hasil penerimaan mahasiswa baru jalur SNBP sudah diumumkan pada Selasa (18/3/2025). Pada SNBP 2025 ini, UNP menerima 3.691 mahasiswa baru
UNP Terima 3.691 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2025
Orasi Ilmiah di Wisuda UNP, Dirjen Vokasi Dorong Inovasi Berkelanjutan
Orasi Ilmiah di Wisuda UNP, Dirjen Vokasi Dorong Inovasi Berkelanjutan
Wisuda ke 138 UNP, Dirjen Dikti Soroti Peran Pendidikan Tinggi dalam Visi Indonesia Emas 2045
Wisuda ke 138 UNP, Dirjen Dikti Soroti Peran Pendidikan Tinggi dalam Visi Indonesia Emas 2045
UNP Luluskan 1.685 Wisudawan, Rektor Ingatkan Pentingnya Keterampilan Sosial di Dunia Kerja
UNP Luluskan 1.685 Wisudawan, Rektor Ingatkan Pentingnya Keterampilan Sosial di Dunia Kerja
20 Perguruan Tinggi Ikut Serta Lomba Robot Industri di UNP
20 Perguruan Tinggi Ikut Serta Lomba Robot Industri di UNP