Terkam Ternak di Limapuluh Kota, Macan Dahan Mati Ditembak Warga

Terkam Ternak di Limapuluh Kota, Macan Dahan Mati Ditembak Warga

Macan dahan. (Dok. BKSDA Limapuluh Kota)

Langgam.id - Warga menembak macan dahan yang terkam 2 ekor kambing di Lereng Kulin, Jorong Katinggian, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

Wali Nagari Sarilamak, Olly Wijaya membenarkan adanya konflik satwa liar yang memakan hewan ternak warga. Satwa liar yang menerkam kambing warga tersebut adalah macan dahan.

"Ada macan dahan menerkam ternak warga, kami sedang berkoordinasi bersama BKSDA dan pak camat," katanya, Rabu (24/3/2021).

Dia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada dini hari. Dari laporan yang masuk ada 5 ekor ternak warga yang diterkam. Namun, hanya 2 ekor diketahui yang diterkam satwa liar itu.

"Satwa tersebut ditembak karena memakan ternak warga. Macan dahannya sudah tertangkap dan sudah dibawa BKSDA. Jadi, tadi malam kena tembak, yang menembak warga," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan juga membenarkan macan dahan ditembak warga.

"Tadi malam, petugas kita mendapatkan dari laporan Jorong Katinggian, positif yang menerkam kambing warga itu adalah macan dahan," katanya.

Menurutnya, dari hasil keputusan bersama dilakukan pemasangan perangkap malam itu juga. Tujuannya dipasang perangkap agar satwa tersebut dapat diselamatkan.

Selanjutnya, pihaknya berencana untuk mengevakuasi satwa liar tersebut agar dicarikan lokasi sebagai rumah barunya di dalam hutan.

"Informasi yang kita terima dari Kepala Resor Limapuluh Kota, bahwa malam itu macan dahan ini menjadi korban amukan warga sehingga ditembak warga," katanya.

Disebutkannya, akibat penembakan tersebut satwa liar tersebut mati. (Irwanda/ABW)

Baca Juga

Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB
Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kabupaten Limapuluh Kota, YR resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai beredar foto tidak senonohnya dengan
Wali Nagari Guguak VIII Koto Mundur Usai Foto Tak Senonohnya Beredar, Bupati Tunjuk Plt
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
Pengurus DPD Partai Golkar Limapuluh Kota berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten di Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan
HUT ke-59, Pengurus DPD Golkar Limapuluh Kota Ziarah ke Makam Pahlawan Situjuah Batua
Bupati Limapuluh Kota Kenalkan Program Basiba Liko Atasi Stunting
Bupati Limapuluh Kota Kenalkan Program Basiba Liko Atasi Stunting