Terima Penghargaan KASN, Penempatan ASN di Sumbar Terbaik di Indonesia

Terima Penghargaan KASN, Penempatan ASN di Sumbar Terbaik di Indonesia

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menerima penghargaan penempatan ASN terbaik se-Indonesia dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Langgam.id - Pemerintah Propinsi Sumatera Barat kembali dianugrahi penghargaan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan ini langsung diterima oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di Hotel Grand Sahid Jakarta (8/11/2022).

Penghargaan ini diraih dalam kategori Penerapan Merit Sistem (Anugrah Meritokrasi) dalam penempatan ASN di Pemerintah Propinsi Sumatera Barat. Daerah itu mendapat nilai 332 dan menjadi terbaik se-Indonesia.

Sistem Merit dalam penempatan ASN mengacu kepada Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi.

"Kita bersyukur, karena sudah sekian kali Sumatera Barat menerima penghargaa dalam manajemen dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur di Pemerintah Propinsi Sumatera Barat," kata Mahyeldi.

KASN menganugerahkan penghargaan sistem merit kepada 174 instansi pemerintah di Indonesia. Ada yang memperoleh predikat sangat baik dan ada yang dianggap baik.

Lampiran Gambar

Kepala Badan Kepegawaiaan Daerah (BKD) Sumbar Ahmad Zakri (tiga dari kiri) usai menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta Kamis 8 Desember 2022. (IST)

Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto merincikan, terdapat 30 instansi pemerintah yang meraih kategori sangat baik dan 144 peraih predikat baik. Capaian instansi pemerintah tersebut merupakan buah kerja keras seluruh jajaran di instansi bersangkutan untuk terus melakukan perbaikan manajemen ASN.

"Gelaran Anugerah Meritokrasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah supaya melakukan percepatan sistem merit," kata Agus di Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

Menurutnya, terdapat 243 instansi pemerintah yang belum mencapai kategori baik penerapan sistem merit. Oleh karena itu, berbagai percepatan terus dilakukan oleh KASN. Seperti menginisiasi Community of Practice (CoP) Sistem Merit dan pendirian laboratorium sistem merit di Kabupaten Gunungkidul serta Nias.

"Kami berharap pula, agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah," tutur Agus.

Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas, mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat baik dan sangat baik implementasi sistem merit.

"Saya sangat mengapresiasi komitmen ini. Mudah-mudahan teman-teman yang mendapatkan predikat baik dan sangat baik akan menularkan kepada pemda dan instansi atau lembaga yang penilaiannya masih buruk atau kurang baik dan seterusnya," kata Menteri Anas.

Baca Juga: Daerah Peduli Anak, Pemprov Sumbar Terima Penghargaan Anugerah KPAI 2021

Menurutnya, penilaian sistem merit menjadi hal yang penting dalam memperbaiki kinerja ASN. Oleh karena itu, penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong perbaikan pelayanan publik melalui terciptanya SDM ASN yang andal.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Wagub Audy Ingatkan Penyuluh Pertanian di Sumbar Hadapi Era 4.0
Wagub Audy Ingatkan Penyuluh Pertanian di Sumbar Hadapi Era 4.0
Tarik Perhatian Masyarakat Malaysia, Dispar Sumbar Sukses Gelar Promosi Wisata
Tarik Perhatian Masyarakat Malaysia, Dispar Sumbar Sukses Gelar Promosi Wisata
Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) menilai keputusan PT. Tirta Investama atau Aqua Solok terhadap 101 karyawannya sudah benar.
Soal Kisruh Karyawan Aqua Solok yang di-PHK, Mahyeldi: Keputusan Perusahaan Sudah Benar
heriza-syafani-camat-terbaik-di-kota-padang-dinilai-tim-provinsi
Heriza Syafani, Camat Terbaik di Kota Padang Dinilai Tim Provinsi
Langgam.id - Upaya mengatasi kerawanan bencana di Sitinjau Lauik, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyebutkan harus ada jalan alernatif.
Mahyeldi Singgung Media dan Pengamat Soal Informasi Akurat Saat Bahas UU Provinsi Sumbar
Langgam.id - Puncak perayaan Hoyak Tabuik di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman telah dilangsungkan, Minggu (14/8/2022).
Kata Mahyeldi Soal Hoyak Tabuik Pariaman