Tari Ziarah Surau Kota Hujan, Kisahkan Sejarah Padang Panjang

Tari Ziarah Surau Kota Hujan, Kisahkan Sejarah Padang Panjang

Foto: Kominfo Padang Panjang

Langgam.id - Sebanyak 200 orang penari dari berbagai sanggar yang ada di Kota Padang Panjang termasuk dari kampus ISI Padang Panjang, menghadirkan tari "Ziarah Surau Kota Hujan," dalam pembukaan MTQ Nasional XXXIX Nasional Tingkat Provinsi Sumatra Barat, Sabtu (13/11) malam. Tarian ini mengisahkan sejarah Kota Padang Panjang.
Tari ini dikonsep langsung Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran. Menceritakan sebuah momentum penting dalam perjalanan Padang Panjang sebagai suatu organisme yang lahir, tumbuh dan berkembang.
Bermula dari sebuah Pakan Jumat, Padang Panjang telah tumbuh sedemikian rupa menjadi kota dengan wajahnya dimasa kini.
Sepanjang riwayat itu pula, Padang Panjang telah melahirkan manusia-manusia unggul di berbagai bidang. Manusia yang berguna bagi masyarakat, daerah, bangsa dan negara, bahkan dunia. Mereka lahir dari pemikiran ala surau.
Salah seorang penari yang ikut di dalamnya, Syahrial merasa sangat bangga. Karena bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan MTQ Nasional ke-39 ini.
"Rasanya deg-degan. Takut sama cemas, bercampur aduk hingga tarian ini berakhir. Namun dengan berjalannya waktu dan iringan music, akhirnya kami bisa melewatkan tarian ini dengan baik," katanya, sebagaimana dicuplik dari Kominfo Padang Panjang.
Disebutkannya, “Tidak sia-sia latihan yang teman-teman lakukan hingga sampai puncaknya malam ini. Sungguh suatu hal yang luar biasa telah teman-teman lalui malam ini”.
"Semoga dengan penampilan kami ,ini semua masyarakat terhibur dan MTQ di Padang Panjang berlangsung sukses hingga penutupan nanti," harapnya.
Tari ini sekaligus menutup kegiatan malam pembukaan MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-39 di Padang Panjang.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Harga Cabai, ramadan sembako, cabai pasar raya padang
Awal Tahun, Harga Komoditas Pangan di Padang Panjang Stabil
Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menyelidiki kasus dugaan pemalsuan tanda tangan Mamak Kepala Kaum Suku Koto Nan Baranam.
Tanda Tangan Dipalsukan Kemenakan untuk Jual Tanah, Mamak Kepala Kaum di Padang Panjang Lapor Polisi
42 Karya Seni Ditampilkan di Pameran Tambo Art Padang Panjang
42 Karya Seni Ditampilkan di Pameran Tambo Art Padang Panjang
BLT Corona Padang, bansos tunai
2.012 KPM di Padang Panjang Terima BLT, Sembako hingga PKH
Baznas Pasaman Barat, beras surplus, ppn
Harga Komoditas di Padang Panjang: Beras Stabil, Daging Ayam Mulai Naik
Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran (Foto: IG fadlyamran)
Pemko Padang Panjang Bakal Tanggung BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Rentan