Target Petani Milenial, Wabup Pessel Gandeng Pemuda Tarbiyah Beragrobisnis

Target Petani Milenial, Wabup Pessel Gandeng Pemuda Tarbiyah Beragrobisnis

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariansyah (tengah) bersama pengurus IPTI Pesisir Selatan. [Dok. IPTI Pesisir Selatan]

Langgam.id - Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rudi Hariansyah mendorong petani muda (milenial) di sana mengembangkan usaha berbasis pertanian (agrobisnis). Salah satu upayanya dengan menggandeng Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI) setempat.

Menurut Rudi, pemuda di Pesisir Selatan mesti berpartisipasi dalam pengembangan usaha ekonomi rakyat. IPTI Pesisir Selatan diharapkan mampu menjadi percontohan di tingkat kelompok pemuda.

"Harapan awal kita bagaimana organisasi kepemudaan ini produktif dan mandiri. Sasaran selanjutnya bagaimana pemuda berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi rakyat," kata Rudi Hariansyah.

Salah satu contoh, menghidupkan lahan tidur dengan tanaman jagung. Program ini melibatkan perbankan untuk pembiayaan, produsen bibit dan pupuk, pihak asuransi hingga menyiapkan pasar untuk menghindari permainan tengkulak.

Program agribisnis yang ditawarkan merupakan hasil penjajakan Rudi Hariansyah dengan pihak terkait. Agar hasil panen sesuai dengan target, petani muda akan difasilitasi ilmu dari ahlinya.

"Pendapatan petani bisa meningkat karena dua hal, pertama harga mahal dan kedua hasil pertanian banyak. Untuk harga kita tidak bisa mencampuri terlalu dalam karena tergantung pasar. Makanya upaya kedua, meningkatkan yang perlu diperjuangkan," katanya.

Cara itu menurutnya tidak kalah baik dibandingkan berjuang menaikkan harga komoditas tani. Agar tidak membebani biaya dan mengurangi risiko kerugian, di sanalah peran perbankan dan asuransi.

Menurutnya, program yang ditawarkan akan sangat membantu pemilik lahan dalam mengembangkan proses pertanian. Baik dari sisi modal, maupun proses penanaman hingga masa panen.

Selama ini banyak petani yang terkendala modal sehingga membiarkan lahannya tidak produktif. Sebagai wakil bupati dirinya merasa perlu mencarikan solusi membangkitkan semangat petani.

Persoalan modal diakui salah satu pengurus IPTI Pesisir Selatan Norianto yang sudah beberapa kali menanam jagung. Kerja sama lintas sektor yang digagas Wabup Pesisir Selatan menurutnya akan sangat membantu petani terutama generasi muda.

Ketua IPTI Pesisir Selatan Heru Kisnanto menyambut baik tawaran tersebut. Dia siap mengerahkan pemuda Tarbiyah dalam memajukan program ekonomi kerakyatan.

"Tahap awal ini, sedikitnya 30 hektare di Kecamatan Sutera dan Lengayang. Ini akan jadi program prioritas di kepengurusan periode sekarang," kata Heru Kisnanto didampingi pembina IPTI Pesisir Selatan Debi Virnando.

Baca Juga: Gabung bersama STIPER, UNP Buka Fakultas Agrobisnis di Sijunjung

IPTI Pesisir Selatan akan memberdayakan sekitar 30 pemuda untuk menyukseskan perogam yang ditawarkan. Jika memungkinkan, angkanya bisa saja bertambah.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

wakil-bupati-rudi-hariyansyah-lantik-56-pejabat-fungsional
Wakil Bupati Rudi Hariyansyah Lantik 56 Pejabat Fungsional
Pesisir Selatan Matangkan Konsep Progul Layanan Kesehatan Gratis
Pesisir Selatan Matangkan Konsep Progul Layanan Kesehatan Gratis
Asril Dt Putih Dikukuhkan Sebagai PAW Dalam Paripurna DPRD Pessel
Asril Dt Putih Dikukuhkan Sebagai PAW Dalam Paripurna DPRD Pessel
Penyemprotan Pupuk Pertanian di Pesisir Selatan Bakal Gunakan Drone
Penyemprotan Pupuk Pertanian di Pesisir Selatan Bakal Gunakan Drone
Ketahanan Pangan Prioritas Perhatian Wabup Pesisir Selatan
Ketahanan Pangan Prioritas Perhatian Wabup Pesisir Selatan
Langgam.id - Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rudi Hariyansyah menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Camat Lengayang, Kamis (6/1/2022).
Hadiri Sertijab Camat Lengayang, Wabup Rudi Hariyansyah Ingatkan Visi Daerah