Tanah Kelahiran Buya Hamka Jadi Lokus Pengembangan Wisata Halal di Agam

Langgam.id - Nagari Sungai Batang dijadikan sebagai lokus pengembangan Pariwista Ramah Muslim (PRM) atau wisata halal.

Bupati Agam, Andri Warman saat menghadiri Internasional Muslim Friendly Tourism Conference atau Konferensi Pariwisata Ramah Muslim (PRM) pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 tahun 2022 di Ballroom 1-2 Hotel Fairmont, Jakarta. [Foto: Dok. Pemkab Agam]

Langgam.id - Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam yang merupakan tanah kelahiran Buya Hamka dijadikan sebagai lokus pengembangan Pariwista Ramah Muslim (PRM) atau wisata halal.

Sungai Batang ditetapkan sebagai PRM dalam gelaran Internasional Muslim Friendly Tourism Conference atau Konferensi Pariwisata Ramah Muslim pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 tahun 2022 di Ballroom 1-2 Hotel Fairmont, Jakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu juga turut dihadiri sejumlah stakeholder dan pejabat daerah lainnya, termasuk Bupati Agam, Andri Warman.

Terpilihnya Sungai Batang sebagai lokus PRM atau wisata halal, Andri sangat mengapresisinya. "Alhamdulillah, Sumbar terpilih menjadi lokasi pengembangan pariwisata halal. Yang lebih membahagiakan lagi, dua nagari di Sumbar menjadi lokus pengembangan pariwisata halal ini, yaitu Nagari Sungai Batang di Kabupaten Agam dan Nagari Sumpu di Kabupaten Tanah Datar," ujar Andri.

Agam, kata Andri, merupakan daerah yang kompleks untuk pengembangan pariwisata. Selain potensi alam, Agam juga memiliki kultur lokal dan nilai keislaman yang telah mengakar sejak dahulu. Sehingga, Agam sangat layak untuk pengembangan wisata halal.

Baca juga: Bupati Agam Minta Nagari Sungai Batang Jadikan Buya Hamka Ikon Wisata

Pada konferensi itu, Andri juga turut menandatangani resolusi penguatan pengembangan pariwisata ramah muslim Indonesia.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023