Tak Selamanya Mager Itu Buruk, Ini 4 Manfaat Istirahat untuk Kesehatan

mager, pusing

Ilustrasi istirahat atau tidur (pixabay)

Langgam.id - Tak selamanya mager atau malas gerak dikaitkan dengan perilaku tidak baik. Ada kalanya sesekali anda perlu mengistirahatkan tubuh dari aktivitas apa pun.
Istirahat ternyata memiliki manfaat kesehatan kalau dilakukan secukupnya.

Bahkan beristirahat sejenak karena mager ternyata perlu dilakukan, apalagi pada dasarnya kebutuhan tubuh akan istirahat sama perlunya seperti anda berolahraga atau mengonsumsi makanan bernutrisi.

Terlalu banyak aktivitas fisik dan mengabaikan istirahat bukan pilihan bijaksana. Memaksa tubuh untuk tetap beraktivitas sama saja menyiksa diri. Kadang kala anda merasa sangat stres dengan pekerjaan, sebenarnya yang anda butuhkan adalah mengistirahatkan kepala sejenak sebelum memulai kembali aktivitas.

Cara ini terbukti lebih efektif meredam stres ketimbang Anda memaksa otak Anda terus bekerja. Membiarkan tubuh tidak melakukan apa-apa, termasuk tidur, bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Istirahat dihukumi wajib, itulah mengapa kita tidak dianjurkan begadang kalau tidak ada perlunya. Manfaat istirahat antara lain dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan menghimpun kembali tenaga yang telah terpakai.

Berikut adalah manfaat mengambil istirahat secara teratur, dilansir dari tempo.co.

1. Memulihkan tenaga dan semangat baru
Saat anda melakukan aktivitas berat seperti olahraga atau pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga, aktivitas ini dapat menciptakan robekan mikroskopis di jaringan otot. Dengan beristirahat, otot yang mengalami robek mikroskopis ini akan diperbaiki oleh sel-sel yang disebut juga dengan fibroblast, sel-sel ini selain menyembuhkan otot juga membantunya menjadi lebih kuat.

2. Menghindari kelelahan otot
Kadar glikogen dalam otot berperan untuk memberikan tenaga. Apabila glikogen habis dan anda jarang beristirahat, itu artinya cadangan glikogen Anda bisa saja habis, akibatnya Anda akan merasa sering kelelahan dan tak jarang mengalami nyeri otot.

3. Meningkatkan kinerja
Istirahat yang cukup setiap hari akan meningkatkan kinerja. Hal ini tak lain karena anda akan lebih bersemangat ketika tubuh terasa bugar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat glikogen dalam otot terisi penuh, maka tenaga pun akan optimal sehingga kinerja akan meningkat.

4. Tidur sehat
Aktivitas fisik sebenarnya meningkatkan hormon penambah energi seperti kortisol dan adrenalin. Namun aktivitas berlebihan malah cenderung membuat anda sulit tidur karena pengaruh hormon tersebut, akibatnya rasa lelah anda semakin buruk.

Solusinya adalah mengistirahatkan sejenak tubuh dan pikiran dari aktivitas yang berlebih akan membantu membiarkan hormon kortisol tersebut kembali pada kadar normal. Kesulitan tidur yang disebabkan oleh melimpahnya hormon kortisol dan adrenalin akan menyebabkan depresi tidur, atau sering kali disebut insomnia, yaitu kelainan waktu tidur yang akut.(Tempo/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Sajian Spesial Bagi Penunggu Pasien di Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Semen Padang Hospital
Kurangi Penumpukan Pasien, SPH Berlakukan Registrasi Antrian Online
Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling