Tak Putuskan Akses Warga, Tol Padang-Pekanbaru akan Dibuat Jalur Perlintasan

PERLINTASAN TOL PADANG-PEKANBARU

Pimpinan Proyek Tol Padang-Pekanbaru dari PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Ramos Pardede (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Pelaksana konstruksi pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru akan membuat jalur perlintasan untuk warga pada ruas jalan di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu merupakan salah satu upaya agar akses warga di sekitar tidak terputus akibat adanya tol.

Ide untuk membuat perlintasan tersebut merupakan aspirasi warga setempat, karena sebelumnya dengan adanya tol warga mengelukan perkampungan mereka terbelah akibat proyek strategis nasional tersebut. Bahkan, juga menghambat akses warga ke lahan pertanian mereka.

Menanggapi hal itulah, Pimpinan Proyek Tol Padang-Pekanbaru dari PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Ramos Pardede menegaskan akan membuat perlintasan di beberapa ruas jalan tol.

Rencananya, kata Ramos, pelintasan itu akan dibuat di bagian atas tol. Namun, melihat konstruksi tanah, itu tidak memungkinkan. "Rencana awal, di atas. Namun, konstruksi tanah datar dengan jalan. Jadi, sebaiknya dibangun di bawah jalan tol. Ini sudah proses surat izin ke Kementerian PUPR," ujarnya usai Focus Group Discussion (FGD) di Inna Muara Hotel Padang, Kamis (27/2/2020).

Jalur perlintasan di Nagari Kasang, menurut Ramos akan dibangun sebanyak dua unit. "Lokasinya itu di STA 2.200 dan STA 3.800," ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Ramos, jalur perlintasan juga akan dibangun di daerah Lubuk Alung dan sudah disetujui Kementerian PUPR. Ide awal itu juga akan dibangun di atas, tapi juga akan dialihkan ke bawah.

Ramos menegaskan, pembangunan jalan tol akan selalu mendengarkan aspirasi serta kebutuhan warga, seperti permintaan dibangunnya perlintasan dan lainnya.

Ia berharap, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru tersebut dapat berjalan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat. "Kita harapkan masyarakat mendukung pembangunan ini, terutama juga dari media, karena sangat mempengaruhi masyarakat," katanya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi 1 Padang-Sicincin
Agar Tol Padang-Sicincin Rampung Juli 2024, Menteri PUPR Instrusikan Tambah Tenaga Kerja
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Lampung
Ditargetkan Fungsional Juli 2024, Progres Kontruksi Tol Padang-Sicincin Capai 47,22 Persen
Jembatan Surau Belo yang berada di Korong Tanjuang Mutuih, Nagari Koto Dalam Barat, Kabupaten Padang Pariaman, rusak berat.
Jembatan Penghubung 3 Kecamatan di Padang Pariaman Rusak Berat Diterjang Luapan Sungai
Breaking News: Mantan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Meninggal Dunia
Breaking News: Mantan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Meninggal Dunia
Tahap Finishing, Rest Are di Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Bisa Digunakan
Tahap Finishing, Rest Are di Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Bisa Digunakan
Abrasi pantai terjadi Korong Keramat Jaya, Nagari Manggopoh Palak Gadang, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar,
Gelombang Tinggi Sebabkan Abrasi Pantai di Padang Pariaman