Tahapan Perbaikan Jalur Sumbar-Riau yang Terancam Putus di Limapuluh Kota

Tahapan Perbaikan Jalur Sumbar-Riau yang Terancam Putus di Limapuluh Kota

Jalan amblas di Limapuluh Kota sudah ditimbun Balai Jalan Kementerian PUPR. (Foto: Dok. Polres Limapuluh Kota)

Langgam.id - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Kota Padang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan beberapa tahapan untuk memperbaiki jalan yang terancam putus di Kabupaten Limapuluh Kota.

Jalan lintas nasional penghubung Sumatra Barat (Sumbar) dengan Provinsi Riau rusak akibat pergerakan tanah. Jalan tersebut tepatnya berada di Jorong Simpang Tiga, Kenagarian Koto Alam, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kami sudah lakukan perbaikan, sekarang sedang bekerja. Kami penanganan darurat sekarang, sehingga yang penting kendaraan bisa lewat dan jalan itu tidak tertutup," ujar Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Kota Padang, Aidil Fiqri dihubungi Langgam.id, Minggu (22/12/2019).

Tahap perbaikan yang dilakukan Balai Jalan Nasional, pertama kali dengan melakukan timbunan jalan yang rusak dengan mengunakan pasir dan batu (sirtu). Sembari melakukan lebih lanjut penyelidikan tanah di sekitar jalan.

"Sementara kami timbun dengan tanah pilihan, itu dulu. Sambil menunggu penyelidikan tanah lebih lanjut, apa yang terjadi. Kalau tanah bergerak terus dan ambles hingga jalan putus kami kirim jembatan darurat," katanya.

Satu unit jembatan darurat (Bailey) telah disiapkan pihak Balai Jalan Nasional Wilayah III Kota Padang. "Apabila proses penanggangan darurat yang dilakukan saat ini tidak memungkinkan, maka jembatan tersebut akan dipasang," katanya. (Irwanda/HM)

 

Baca Juga

Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB
Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kabupaten Limapuluh Kota, YR resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai beredar foto tidak senonohnya dengan
Wali Nagari Guguak VIII Koto Mundur Usai Foto Tak Senonohnya Beredar, Bupati Tunjuk Plt
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
Pengurus DPD Partai Golkar Limapuluh Kota berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten di Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan
HUT ke-59, Pengurus DPD Golkar Limapuluh Kota Ziarah ke Makam Pahlawan Situjuah Batua
Bupati Limapuluh Kota Kenalkan Program Basiba Liko Atasi Stunting
Bupati Limapuluh Kota Kenalkan Program Basiba Liko Atasi Stunting